CD Skripsi
Efektivitas Kerja Tutor Paket A Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu
ABSTRAK
Judul : Efektivitas Kerja Tutor Paket A Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu
Identifikasi Masalah Penelitian ini adalah (1) kurangnya implikasi
pembelajaran dalam memberikan pelayanan terhadap warga belajar paket A, (2)
kurangnya materi pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan warga belajar, (3)
pengelolaan kelas yang kurang representatif sesuai dengan kondisi tempat belajar,
(4) dan sistem penilaian yang kurang jelas, terindikasi pemberian nilai
berdasarkan kondisi anak, dan (5) secara keseluruhan kurangnya efektivitas tutor
dalam pengelolaan pendidikan warga belajar paket A.
Permasalahan penelitian ini adalah Efektivitas Kerja Tutor Paket A Ujung
Batu Kabupaten Rokan Hulu. Rumusan penelitian ini adalah Bagaimanakah
Efektivitas Kerja Tutor Paket A Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu?. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui Efektivitas Kerja Tutor Paket A Ujung Batu
Kabupaten Rokan Hulu.
Jenis penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat
pengumpul data yang digunakan berupa pertanyaan dengan informan penelitian 3
orang. Sedangkan indikator yang dipergunakan untuk ini Efektivitas Kerja Tutor
Paket A Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu ditinjau dari Mengelola Proses
Belajar-Mengajar, Menguasai Bahan Pengajaran, Menggunakan Media/Sumber,
Mengelola Interaksi Belajar-Mengajar, Penilaian Perkembangan Anak Didik,
dan Mengelola Kelas.
Berdasarkan hasil analisis secara umum Efektivitas Kerja Tutor Paket A
Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar
kemampuan yang dituntut adalah keaktifan tutor dalam menciptakan dan
menumbuhkan kegiatan siswa belajar sesuai dengan rencana yang telah
disusun dalam perencanaan. Tutor yang bertaraf profesional penuh mutlak
harus menguasai bahan yang akan diajarkannya. Modal penguasaan bahan,
maka tutor akan dapat menyampaikan materi pelajaran secara dinamis,
menguasai bahan bidang studi dalam kurikulum sekolah, menguasai bahan
pengayaan atau penunjang bidang studi. , tutor dituntut mampu mengelola
kelas, Penggunaan media harus disesuaikan dengan pencapaian tujuan. Bila
penggunaan media tidak tepat, membawa akibat pada pencapaian tujuan
pengajaran kurang efektif dan efisien. Di dalam proses belajar-mengajar,
kegiatan interaksi antara tutor dan siswa merupakan kegiatan yang cukup
dominan, Sesudah mengikuti kegiatan belajar anak didik dapat mencapai
kemampuan yang diharapkan, bertujuan dan berfungsi untuk mengetahui
tingkat perkembangan fisik dan mental anak yang dicapai dan menilai tingkat
pengetahuan.
Tidak tersedia versi lain