CD Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa Dengan Penerapan Pendekatan Arias Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Tambang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
kognitif Fisika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang antara pembelajaran
dengan penerapan pendekatan ARIAS pada konsep materi pokok pemantulan
cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, kelas VIII C sebagai kelas
kontrol dengan pembelajaran konvensional dan kelas VIII B sebagai kelas
eksperimen dengan pembelajaran menggunakan pendekatan ARIAS. Teknik
pengumpulan data adalah tes hasil belajar yang dilakukan sebelum pembelajaran
(pretest) dan sesudah pembelajaran fisika {posttest). Hasil belajar yang diteliti
adalah aspek kognitif melalui tes objektif yang dianalisis menggunakan analisis
deskriptif dan analisis inferensial yang diperoleh bahwa hasil belajar kognitif
fisika siswa dengan mengunakan pendekatan ARIAS lebih baik jika dibandingkan
dengan pembelajaran secara konvensional. Hal ini juga didukung oleh test t
dimana nilai thmmg > Wi dimana thitUng = 1,862 sedangkan Wi (74; o,os) = 1,160,
yang berarti Hi (hipotesis statistisk) diterima yakni terdapat peningkatan hasil
belajar kognitif Fisika yang signifikan melalui penerapan pendekatan ARIAS pada
materi pokok Pemantulan Cahaya di kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang tahun
pelajaran 2009/2010 pada taraf signifikan 5 % da taraf kepercayaan 95%.
Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, Pendekatan ARIAS, Cahaya.
Tidak tersedia versi lain