CD Skripsi
Hasil Belajar Keterampilan Psikomotor Sains Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Pbi Pada Materi Pokok Listrik Di Kelas Vi Sd Negeri 021 Rokan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan
Psikomotor Sains-Fisika setelah Penerapan Modal Pembelajaran PBI pada materi
pokok listrik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD 021 Rokan Tahun
Pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 25 orang siswa namun subjek yang menjadi
sasaran dalam penelitian ada dua kelompok yang masing-masing kelompok terdiri
dari 5 orang siswa sehingga jumlah siswa yang diamati beijumlah 10 orang siswa.
Peningkatan hasil belajar keterampilan Psikomotor siswa ditinjau dari empat kategori
yaitu : Daya serap, Efektivitas pembelajaran, Ketuntasan belajar siswa baik
ketuntasan Individu maupun ketuntasan Klasikal dan Ketuntasan tujuan
pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulan data adalah tes hasil
belajar keterampilan Psikomotor. Tes diberikan setelah proses pembelajaran Sains-
Fisika melalui penerapan modal pembelajaran PBI selesai di laksanakan. Data
tentang hasil belajar keterampilan Psikomotor siswa di analisis melalui analisis
deskriptif. Hasil penelitian menunjukan daya serap hasil belajar keterampilan
Psikomotor rata-rata 93,61% di kategorikan amat baik, efektivitas pembelajaran di
kategorikan sangat efektif dengan rata-rata 93,61%. Sedangkan ketuntasan hasil
belajar siswa dinyatakan tuntas 100% dan ketuntasan tujuan pembelajaran
dinyatakan tuntas 100%
Kata kunci: Hasil Belajar Keterampilan Psikomotor, Model Pembelajaran PBI
Tidak tersedia versi lain