CD Skripsi
Pengaruh Variasi Slip Pada Line Contact Disc On Disc Terhadap Laju Keausan Dan Koefisien Gesek Menggunakan Variasi Rbdpo Dengan Campuran Zat Aditif Graphene
Pada saat mesin beroperasi, elemen-elemen mesin akan saling bersinggungan dan mengalami sebuah kontak dan juga gesekan sesama elemennya, Pada sistem permesinan akan terdapat kontak antara permukaan part, kontak tersebut berupa point contact (kontak titik), dan line contact (kontak garis), dan surface contact (kontak permukaan). Pada saat kontak antar part tersebut dikenakan sebuah gaya mekanik, maka akan timbul suatu fenomena yang disebut keausan (wear). Keausan yang terjadi pada permukaan komponen yang berkontak dan bergerak diakibatkan adanya kontak rolling ataupun kontak sliding, Ketika kontak yang terjadi pada kedua permukaan memiliki kecepatan tangensial yang sama maka digolongkan sebagai kontak pure rolling, artinya dalam kontak pure rolling tidak ada “slip”. Untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan, perlu dilakukan usaha pengurangan pemakaian lubricant berbahan mineral sebagai minyak dasar. Salah satu alternatif untuk mengurangi pemakaian minyak mineral ini dapat menggunakan minyak berbahan nabati. Penelitian ini dilakukan secara eksperimen untuk membahas tentang pengaruh variasi slip pada line contact disc on disc terhadap laju keausan dan koefisien gesek menggunakan variasi rbdpo dengan campuran zat aditif graphene. Hasil eksperimen memperlihatkan nilai laju keausan dan koefisien gesek berbanding lurus dengan nilai slip rasio pada kedua disc, yang artinya semakin besar slip rasio yang terjadi, maka semakin besar nilai laju keausan dan koefisien gesek yang dihasilkan.
Kata kunci : Slip rasio, keausan, pelumasan, koefisien gesek
Tidak tersedia versi lain