CD Skripsi
Tinjauan Yuridis Terhadap Pemberian Garansi Resmi Telepon Genggam Sony Ericson di Sony Ericson Cabang Pekanbaru Menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
ABSTRAK
Sejak dibcrlakukannya Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang
Perlindungan Konsumen, Masyarakat sebagai konsumen memerlukan adanya suatu
perlindungan hukum terhadap produk (telepon genggam) yang dibelinya yaitu dalam
bentuk garansi yang tertuang dalam kartu garansi. Apabila terjadi kerusakan dalam
jangka waktu garansi (1 tahun sejak tanggal pembelian) maka pelaku usaha wajib
untuk memenuhi klaim garansi) hal ini diatur dalam Pasal 14/4 KUHPerdatai
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah
perlindungan terhadap konsumen dalam hal pemberian garansi resmi telepon
genggam Sony Ericsson di Sony Ericsson Cabang Pekanbaru berdasarkan Undang-
undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Apakah kendala
perlindungan konsumen dalam hal pemberian garansi resmi telepon genggam Sony
Ericsson di Sony Ericsson cabang Pekanbaru berdasarkan Undang-undang Nomor 8
Tahun 1999 Tentang Perlindungan konsumen, bagaimana upaya penyelesaian
sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha (sony ericsson) dalam hal pemberian
garansi resmi telepon genggam Sony Ericsson di Sony Ericsson cabang Pekanbaru.
Penelitian ini adalah penelitian sosiologis, yaitu penelitian yang hendak
melihat korelasi antara hukum dengan masyarakat, sehingga mampu mengungkap
efektifitas berlakunya hukum dalam masymakat. Populasi dan sampel da)301
penelitian ini adalah pimpinan Sony Ericsson dan konsumen sebanyak (20) duapuluh
orang.Lokasi penelitian dilakukan pada Sony Ericsson cabang Pekanbaru. Alat
pengumpulan data primer adalah wawaneara, kuisipner-.data sekunder dikumpulkan
melalui studi keperpustakaan sedangkan data teriier dikumpulkan melalui kamus
besar bahasa Indonesia, layanan internet, dan media masa lainnya. Data yang
dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif yaitu suatu analisa yang dilakukmi dengmt
menguraikan data secara bermutu, kemudian disimpulkan secara deduktif yaitu
menarik kesimpulan dari seuatu pemyataan yang bersifat umum menjadi pemyataan
bersifal khusus.
I Iasil penelitian menunjukkan bahvva perlindungan terhadap konsumen dalam
hal pemberian garansi resmi telepon genggam Sony Ericsson Undang-undang Nomor
8 Tahun 1999 sudah terlaksana tetapi belum sesuai dengan yang diharapkaaijkendala
perlindungan konsumen dalam hal pemberian garansi disebabkan karena tidak
tersedianya suku cadang dan fasilitas serta knrangnya informasi dan peran
pemerintah, upaya penyelesaian sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha
adalah dengan musyavvarah atau secara damai
Tidak tersedia versi lain