Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Kit Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan Pada Materi Listrik
Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX SMP
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Kit Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan Pada Materi Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IX SMP

Rahmi Delviandri / 2005113264 - Nama Orang;

Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk aktif. Pembelajaran yang berkualitas membutuhkan sebuah perangkat pembelajaran, model pembelajaran, dan strategi pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk menguasai materi dengan baik. Pada abad ke-21 ini penguasaan mata pelajaran utama dan tema abad ke-21 lebih mengedepankan life skill dan soft skill, diantaranya adalah keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains ialah seluruh keterampilan ilmiah yang digunakan untuk menemukan serta mengembangkan suatu konsep dalam pembelajaran terutama IPA dan prinsip, ataupun teori yang digunakan untuk menyangkal suatu penemuan sebelumnya serta menemukan pengetahuan/konsep sendiri dengan menggunakan perkembangan IPTEK yang semakin meningkat. Salah satu cara meningkatkan keterampilan proses sains dengan menggunakan media pembelajaran kontekstual yang menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari dan dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.
Tujuan penelitian adalah menemukan hasil dari proses pembelajaran keterampilan proses sains siswa SMP pada kelas eksperimen (menggunakan KIT Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan) dengan kelas kontrol (pembelajaran konvensional) serta untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar keterampilan proses sains pada siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Manfaat bagi siswa agar dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas, sedangkan bagi guru menjadi alternatif media pembelajaran yang diterapkan dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 23 Pekanbaru dimulai dari bulan September sampai Desember 2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi experimental design dengan rancangan posttest-only control design. Populasinya seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 23 Pekanbaru. Pengambilan sampel melalui uji normalitas dan homogenitas pada materi sebelumnya. Penentuan kelas dengan cara acak, sehingga diperoleh kelas IX G kelas kontrol dan kelas IX H kelas



eksperimen. Intrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains siswa. Data analisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sesuai dengan analisis yang dilakukan menunjukkan kelas eksperimen mencapai rata-rata hasil belajar keterampilan proses sains yaitu 72% dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 54,97% dengan kategori sedang, sehingga pembelajaran menggunakan KIT Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan dikatakan efektif sebesar 17,03% dihitung dari selisih hasil belajar keterampilan proses sains kedua kelas. Pengujian Independent- Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 yang lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar keterampilan proses sains siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah pembelajaran menggunakan KIT Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa penggunakan KIT Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Maka disarankan penggunaan KIT Listrik Kontekstual Berbasis Energi Terbarukan ini bisa menjadi salah satu alternatif yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah agar dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005113264
2005113264
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005113264
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP – Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005113264
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?