Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Induksi Elektromagnetik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas XII SMA
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Induksi Elektromagnetik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA

M. Dwi Ilhami / 1905111204 - Nama Orang;

Fisika merupakan suatu pembelajaran tentang gejala dan fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari, dapat ditinjau melalui kegiatan seperti pengalaman, observasi, dan eksperimen yang dilandasi sikap ilmiah untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Induksi elektromagnetik merupakan salah satu konsep yang penting dalam Fisika yang banyak digunakan dalam aplikasi teknologi modern seperti motor listrik, generator, transformator, dan sebagainya. Pembelajaran konvensional yang kurang inovatif dan hanya mengandalkan ceramah dari guru dan membaca teks buku seringkali tidak cukup untuk membantu siswa memahami konsep ini dengan baik sehingga seringkali para siswa kehilangan ketertarikan pada materi bahkan terjadi miskonsepsi. Pembelajaran Fisika saat ini sering menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurang mengajak siswa terlibat secara aktif dalam mempelajari dan mengaplikasikan materi dengan dunia nyata. Selain itu rendahnya kemampuan analisis siswa juga menjadi kendala dalam sebuah pembelajaran. Hal ini menjadi kelemahan dimana ketertarikan dan minat siswa terhadap pembelajaran menjadi berkurang sehingga berdampak pada pemahaman materi dan hasil belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa kelas XII SMA dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi induksi elektromagnetik. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran serta memberikan inspirasi bagi pengajar dalan menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif sehingga terciptanya pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Penelitian ini dilaksanakan di MAS Dar El Hikmah Pekanbaru dengan menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan desain posstest only nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MAS Dar El Hikmah Pekanbaru yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 64 siswa. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara undian setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas menggunakan data hasil ulangan sebelumnya. Kelas yang menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) atau kelas eksperimen adalah kelas XII Sains 1 sedangkan kelas kontrol adalah XII Sains 2. Data penelitian ini diperoleh dengan pemberian tes hasil belajar setelah materi induksi elektromagnetik selesai diajarkan. Tes ini disusun sesuai indikator hasil belajar materi induksi elektromagnetik dan taksonomi Bloom dengan total 15 buah soal dan tingkat kesulitan dari C1 hingga C5.
Hasil penelitian diperoleh perbedaan hasil belajar kognitif siswa anatar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen berada pada kategori baik dengan rata-rata 78,18 sedangkan kelas kontrol berada pada kategori cukup baik dengan rata rata 55,27. Secara inferensial terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika pada materi induksi elektromagnetik dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1905111204
1905111204
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1905111204
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP – Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1905111204
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?