CD Skripsi
Efektivitas Penggunaan Alat Eksperimen Aplikasi Hukum Newton Berbasis Mikrokontroler Arduino Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
Pembelajaran fisika merupakan proses pembelajaran yang melibatkan penemuan dan memerlukan penggunaan keterampilan-keterampilan dasar yang biasa digunakan oleh ilmuwan dalam kegiatan ilmiah untuk mendapatkan produk atau pengetahuan yang diinginkan. Salah satu topik yang sangat penting dalam pembelajaran fisika adalah materi Hukum Newton. Meskipun, ada ketidaksesuaian antara aktivitas pembelajaran fisika pada materi Hukum Newton yang menekankan kegiatan eksperimen sedangkan penerapan pembelajaran cenderung mengabaikan kegiatan eksperimen tersebut. Akibat dari kondisi ini dapat memengaruhi hasil belajar dan pemahaman peserta didik. Keterampilan proses sains menjadi kunci penting yang harus dimiliki oleh seluruh peserta didik karena jika keterampilan proses sains telah dikuasai, peserta didik mampu mengembangkan kemampuan belajar tingkat tinggi, termasuk melakukan penelitian dan menyelesaikan masalah. Namun seringkali realita di lapangan tidak sesuai dengan harapan walaupun pembelajaran mengikuti pendoman kurikulum merdeka belajar dan menerapkan pendekatan saintifik, namun keterampilan proses sains belum ditekankan secara optimal. Maka alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran fisika perlu mengutamakan proses berupa investigasi dalam kegiatan eksperimen dengan bantuan alat eksperimen sebagai media pembelajaran guna meningkatkan keterampilan proses sains para peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains melalui penggunaan alat eksperimen aplikasi Hukum Newton berbasis mikrokontroler arduino di kelas XI SMAN 3 Pekanbaru dan mengetahui efektivitas penggunaan alat eksperimen aplikasi Hukum Newton berbasis mikrokontroler arduino dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI SMAN 3 Pekanbaru. Adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat terhadap pihak terkait. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi guru berupa masukan yang berguna dalam meningkatkan keterampilan proses sains terutama pada pembelajaran materi dinamika gerak partikel dengan memanfaatkan alat eksperimen. Bagi peserta didik, penelitian ini diharapkan meningkatkan kemampuan keterampilan proses sains peserta didik khususnya pada pemahaman materi dinamika gerak partikel.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Pekanbaru pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi experimental) dengan rancangan non equivalen post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 144 peserta didik dan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Kelas yang diberikan perlakuan dengan penggunaan alat eksperimen aplikasi Hukum Newton berbasis mikrokontroler arduino atau kelompok eksperimen yaitu kelas XI KM 1 dan kelompok kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional yaitu kelas XI KM 4. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains yang berbentuk pilihan ganda untuk peserta didik kelas XI. Tes ini disusun dengan mengacu pada indikator keterampilan proses sains yang terdiri dari 14 item soal dari 16 indikator keterampilan proses sains.
Aspek keterampilan proses sains yang diperoleh dari kelas XI KM 1 dan kelas XI KM 4 menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains kelas XI KM 1 lebih unggul dari pada rata-rata keterampilan proses sains kelas XI KM 4. Adapun nilai rata-rata kelas XI KM 1 adalah 82,11 semakin menunjukkan bahwa kelas XI KM 1 memiliki keterampilan proses sains yang tinggi. Secara inferensial, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan rata-rata keterampilan proses sains antara kelas yang menggunakan alat eksperimen aplikasi Hukum Newton berbasis mikrokontroler arduino dengan kelas yang menerapkan pembelajaran secara konvensional pada materi dinamika gerak partikel.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, ditemukan keterampilan proses sains peserta didik setelah pembelajaran menggunakan alat eksperimen aplikasi Hukum Newton berbasis mikrokontroler arduino dalam kategori tinggi dan didapati bahwa pembelajaran menggunakan alat eksperimen aplikasi Hukum Newton berbasis mikrokontroler arduino efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Tidak tersedia versi lain