Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Virtual Laboratory Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Sman 4 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Virtual Laboratory Phet Simulation Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI Sman 4 Pekanbaru

Igah Mawarni Futri / 2005110424 - Nama Orang;

Pendidikan merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Pendidikan yang berkualitas sangat berperan dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sehingga pendidikan bukan hanya menjadi kewajiban, melainkan juga menjadi kebutuhan yang tidak dapat diabaikan di tengah kompleksitas abad ke-21. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan model pembelajaran yang hanya berpusat pada guru dari pada berpusat kepada kemampuan siswa, artinya guru masih mendominasi kelas, guru aktif menjelaskan, sedangkan siswa pasif dalam memperoleh pengetahuan maka diperlukan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Rangka meningkatkan pembelajaran fisika, diperlukan pendekatan yang lebih praktis dan nyata, seperti melibatkan kegiatan praktikum untuk mendukung pemahaman konsep-konsep fisika. Selain itu, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang menggabungkan teori, teknologi dan praktik secara seimbang. Virtual laboratory PhET Simulation diharapkan dapat menjadikan peserta didik lebih mudah dan berani untuk melakukan praktikum-praktikum tanpa terkendala dengan tidak adanya alat KIT. Virtual laboratory juga dapat menambah literasi di bidang TIK dan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan Virtual Laboratory PhET Simulation dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi fluida dinamis di SMAN 4 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian yang digunakan adalah Post-test Only, Nonequivalent Control Group Desain, dalam rancangan ini menggunakan dua subjek. Peneliti memberikan perlakuan eksperimental PhET Simulation hanya dengan kelompok eksperimen dan memberikan post-test untuk melihat perbedaan diantara kedua kelompok. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling. Adapun yang menjadi sampel adalah kelas XI Engineering 1 dan XI Engineering 2 merupakan kelas yang paling Homogen berdasarkan uji Homogenitas dari hasil ulangan harian materi sebelumnya.
Pada penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas XI Engineering 2 yang akan menerapkan PhET simulation pada materi fluida dinamis, sedangkan kelas kontrol yaitu XI Engineering 1 tidak menerapkan PhET simulation dalam pembelajaran. Setelah kelas tersebut diberikan perlakuan, kedua kelas mengikuti tes hasil belajar kognitif yang terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda. Hasil yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan data dan analisis data yang telah dilakukan, didapatkan data bahwa penerapan Virtual Lab PhET Simulation pada materi fluida dinamis dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, dimana pencapaian pembelajaran kognitif kelas eksperimen yang menggunakan Virtual Lab PhET Simulation dalam pembelajaran fluida dinamis mencapai skor rata-rata sebesar 80.6, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional hanya mencapai skor rata-rata 68.4.
Dengan demikiann, dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen mencapai hasil pembelajaran kognitif yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Oleh karena itu, hasil belajar kognitif siswa di SMAN 4 Pekanbaru telah terbukti dapat ditingkatkan dengan menerapkan simulasi Virtual Lab PhET pada materi fluida dinamis. Penulis merekomendasikan penggunaan Virtual Lab PhET Simulation sebagai bahan ajar pembelajaran fisika. Simulasi ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran eksperimen ketika alat-alat yang tersedia di sekolahan tidak memadai atau kurang optimal untuk digunakan dalam eksperimen oleh peserta didik. Penerapan Virtual Lab PhET Simulation bukan hanya sekadar meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga menciptakan pengalaman eksperimen yang mendalam. Dengan demikian, pembelajaran tidak terbatas pada teori semata, tetapi juga memperkenalkan peserta didik penerapan fisika dikehidupan sehari-hari, seperti pada eksperimen fluida dinamis.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005110424
2005110424
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005110424
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau - FKIP – Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005110424
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?