CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Index Card Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Murid Kelas X SMAN 2 Singingi
Pendidikan merupakan usaha dalam diri untuk mengembembangkan kualitas sumber daya manusia. Guru sebagai pelaksana pembelajaran yang merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional sebagai tenaga profesional harus memiliki empati kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional, sehingga dapat memahami dan mengembangkan kurikulum dalam pembelajaran. Implementasi pembelajaran yang baik dan menantang pada pembelajaran tidak bisa hanya membuat pembelajaran berpusat pada guru saja atau pada siswa saja, karena keduanya harus saling berkontribusi dalam proses belajar mengajar agar terwujudnya tujuan pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat aktif dan termotivasi dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan ICM (Index Card Match), dimana proses pembelajaran dilakukan dengan aktivitas belajar dengan bermain yang memungkinkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share dengan bantuan ICM pada materi pengukuran kelas X SMA. selain itu mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan bantuan ICM dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan posttest only nonequevalen control group design, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan index card match dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Singingi pada bulan Agustus-September 2023, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu posttest pemahaman konsep dalam bentuk soal objektif, hasil data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil analisis deskriptif yang diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan ICM memiliki kategori baik dan efektif dengan rata-rata nilai sebesar 70% sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 60%. Hasil analisis inferensial yang diperoleh dengan bantuan aplikasi SPSS dimana hasil yang didapatkan kedua kelas berdistribusi secara normal dan homogen, uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sig 0,003 < 0,05.
Analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi pengukuran kelas X SMAN 2 Singingi. Disarankan peneliti berikutnya untuk meneliti pada bidang ilmu yang berbeda menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan ICM (Index Card Match).
Tidak tersedia versi lain