Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Index Card Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Murid Kelas X  SMAN 2 Singingi
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Index Card Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Murid Kelas X SMAN 2 Singingi

Chindy Anjeli / 1805124288 - Nama Orang;

Pendidikan merupakan usaha dalam diri untuk mengembembangkan kualitas sumber daya manusia. Guru sebagai pelaksana pembelajaran yang merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional sebagai tenaga profesional harus memiliki empati kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional, sehingga dapat memahami dan mengembangkan kurikulum dalam pembelajaran. Implementasi pembelajaran yang baik dan menantang pada pembelajaran tidak bisa hanya membuat pembelajaran berpusat pada guru saja atau pada siswa saja, karena keduanya harus saling berkontribusi dalam proses belajar mengajar agar terwujudnya tujuan pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat aktif dan termotivasi dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan ICM (Index Card Match), dimana proses pembelajaran dilakukan dengan aktivitas belajar dengan bermain yang memungkinkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share dengan bantuan ICM pada materi pengukuran kelas X SMA. selain itu mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan bantuan ICM dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan posttest only nonequevalen control group design, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan index card match dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Singingi pada bulan Agustus-September 2023, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu posttest pemahaman konsep dalam bentuk soal objektif, hasil data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil analisis deskriptif yang diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan ICM memiliki kategori baik dan efektif dengan rata-rata nilai sebesar 70% sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 60%. Hasil analisis inferensial yang diperoleh dengan bantuan aplikasi SPSS dimana hasil yang didapatkan kedua kelas berdistribusi secara normal dan homogen, uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS diperoleh bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sig 0,003 < 0,05.
Analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi pengukuran kelas X SMAN 2 Singingi. Disarankan peneliti berikutnya untuk meneliti pada bidang ilmu yang berbeda menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan menggunakan ICM (Index Card Match).


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1805124288
1805124288
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1805124288
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1805124288
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • RINGKASAN
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II LANDASAN TEORI
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?