CD Skripsi
STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS KORAN HARIAN RIAU POS DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI ERA DIGITAL
Memasuki era digital mengartikan adanya transisi seluruh aktivitas, yang mana sudah dapat dilakukan melalui daring dan gadget. Digital membuat informasi mengalir secara personal dan sekejap ke rumah-rumah. Inilah keajaiban teknologi informasi terkini. Namun keajaiban teknologi ini berdampak pada menurunnya jumlah pembaca media cetak. Manusia beralih mencari informasi di internet yang lebih efisien ketimbang membaca media cetak. Salah satu media cetak terbesar di Kota Pekanbaru, yaitu Riau Pos, masih memproduksi surat kabar hingga hari ini di tengah era digital. Berdiri sejak 17 Januari 1991. Rentang waktu yang dilewati telah mengukuhkan Riau Pos sebagai “Market Leader” media cetak di Sumatera..
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi bisnis Koran Harian Riau Pos dalam mempertahankan eksistensi di era digital. Penelitian ini dilakukan di Riau Pos. Adapun model penelitian yang digunakan mengacu pada model komunikasi strategis Steve Cartaledge yaitu salah satu model strategi komunikasi yang nantinya akan melihat bagaimana pengelolaan Koran Harian Riau Pos dapat mempertahankan esksistensinya selaku media cetak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan adalah purposive. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian, dan kesimpulan serta verifikasi. Untuk pengembangan data guna mendapatkan keabsahan data, peneliti menggunakan metode perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Sumber data yaitu Pemimpin Redaksi Riau Pos, Wakil Pemimpin Redaksi Riau Pos, Manajer Usaha dan Redaksi Koran Riau Pos, Wartawan Riau Pos dan pelanggan Koran Harian Riau Pos.
Adapun hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa perencanaan komunikasi koran harian Riau Pos yaitu dapat beradaptasi dengan baik dan memanfaatkan teknologi, serta menjaga pakem koran harian Riau Pos, bentuk saluran komunikasi koran harian Riau Pos ada 2 yaitu cetak dan online khusunya pengguna, bentuk analisis audiens yang dilakukan koran harian Riau Pos dalam mempertahankan eksistensi di era digital yaitu melakukan survey, dan evaluasi dari strategi komunikasi koran harian Riau Pos selalu melakukan evaluasi setiap bulannya. Evaluasi sering digunakan dalam tahap perencanaan dalam rangka mencoba memilih dan menentukan skala prioritas terhadap berbagai alternatif dan kemungkinan terhadap cara mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Tidak tersedia versi lain