Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Kemah Blok Terhadap Sikap Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Di Smk Farmasi Ikasari Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengaruh Kemah Blok Terhadap Sikap Kedisiplinan Siswa Kelas Xi Di Smk Farmasi Ikasari Pekanbaru

Muhamad Gunawan / 1905112173 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Model Blok merupakan 1 dari 3 model dalam pelaksanaan pramuka wajib di sekolah. Model ini wajib dilakukan setahun sekali bagi seluruh peserta didik. Pada umumnya sekolah-sekolah lebih sering melakukan kegiatan model blok yang bersifat ekstramural atau di luar ruangan yang lebih dikenal dengan kemah blok. Namun cukup mirisnya tidak adanya penelitian ataupun evaluasi terhadap pelaksanaan sistem ini, yang di mana seharusnya perlu suatu kontrol agar dapat menilai apakah sistem kemah blok masih dapat relevan untuk dilaksanakan atau rutin dilakukan setiap tahunnya, terutama dalam meningkatkan sikap kedisiplinan bagi siswa sehingga peneliti ingin mengambil peran dan menjadi pemancing sebagai pembuktian dan evaluasi terhadap pelaksanaan kemah blok. Maka dari itu, pentingnya pengawasan dan evaluasi serta pembuktian masih relevan atau tidak nya kemah blok terutama dalam meningkatkan sikap kedisiplinan siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Kemah Blok Terhadap Sikap Kedisiplinan Siswa Kelas XI Di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Pengaruh Kemah Blok Terhadap Sikap Kedisiplinan Siswa Kelas XI Di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemah Blok Terhadap Sikap Kedisiplinan Siswa Kelas XI Di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat Menambah dan Mengembangkan Pengetahuan Tentang Kegiatan Kemah Blok dan Pengaruh Kemah Blok Terhadap Sikap Kedisiplinan Siswa Kelas XI Di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru. Manfaat praktis yaitu sebagai referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan statistik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner yang terdiri dari 29 butir pernyataan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 278 orang dan penarikan sampel dalam penelitian ini 25% dari jumlah populasi menjadi 69 responden yaitu kelas XI dengan menggunakan Teknik Proporsional Random Sampling. Berdasarkan Hasil penelitian tentang pengaruh kemah blok terhadap kedisiplinan siswa kelas XI di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru maka dapat diambil kesimpulan bahwa: Ada pengaruh kemah blok terhadap kedisiplinan siswa kelas XI di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru.
Hal tersebut dapat dibuktikan dari uji F diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel Kemah Blok (X) dan variabel Sikap Kediisiplinan (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji f sebesar 4,899, sedangkan pada ftabel adalah 3,98 pada taraf signifikasi 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Dan hasil perhitungan nilai korelasi atau hubungan (R hitung) yaitu sebesar 0,999. Dari output SPSS tersebut diperoleh koefisien determinan (R Square) sebesar 0,999 yang dinyatakan dalam persentase yaitu sebesar 99,9%, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 99,9% dan selebihnya yakni 100% - 99,9%% = 0,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y = 0,017 + 0,477 X. Hasil persamaan di atas dapat diterjemahkan konstanta sebesar 0,017 yang mengandung arti bahwa nilai konsistensi variabel Kemah Blok 0,017, koefisien regresi X sebesar 0,477 yang menyatakan bahwa penambahan 1% nilai kemah blok, maka disiplin akan bertambah sebesar 0,477. Koefisien bernilai positif artinya Kemah Blok (X) terhadap Sikap Kedisiplinan (Y) berpengaruh positif.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1905112173
1905112173
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1905112173
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1905112173
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • RINGKASAN
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?