CD Skripsi
Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Kematangan Emosional Pada Siswa Smas Ykpp Dumai
Kematangan emosional adalah suatu keadaan atau kondisi mencapai tingkat kedewasaan dari perkembangan emosional, sehingga individu tidak lagi menampilkan pola emosional seperti pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing untuk meningkatkan kematangan emosional siswa SMAS YKPP Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini dipilih secara purposive sampling, sampel diambil sebanyak 8 siswa yang memiki kategori kematangan emosional yang rendah berdasarkan skala pengukuran yang akan mendapatkan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket. teknik analisis data menggunakan analisis statistik non parametic dengan uji wilcoxon dan n gain ternomalisasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diketahui bahwa peluang hasil uji wilcoxon menunjukkan Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,012 < α (0,05) Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan tingkat kematangan emosional siswa sebelum dengan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Hipotesis penelitian dapat diterima yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat meningkatkan kematangan emosional siswa. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil skor siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment. Dimana setelah diberikan treatment 87,5% siswa berada dalam kategori kematangan emosional tinggi dan 12,5% di kategori sedang. Sehingga hipotesis menyatakan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kematangan emsional siswa MIPA 2 SMAS YKPP Dumai.
Kata Kunci: Kemantangan Emosional, Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing
Tidak tersedia versi lain