Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh E-Book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina 3 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengaruh E-Book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina 3 Pekanbaru

Aisyah Dianis / 2005114217 - Nama Orang;

Aisyah Dianis. NIM. 2005114217. Pengaruh E-Book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru. Kemampuan mengenal bentuk geometri yaitu salah satu kemampuan dasar dalam perkembangan matematika pada anak usia dini, mempelajari geometri dapat membantu anak dalam memahami, menggambarkan dan mendeskripsikan benda-benda yang ada disekitarnya, serta berpikir secara logika matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun masih perlu ditingkatkan lagi, hal ini dikarenakan sebagian anak masih tergolong memiliki kategori Mulai Berkembang (MB). Jika dilihat dari kategori program sebelum diberikan perlakuan, maka kemampuan mengenal bentuk geoemetri pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanabaru pada perolehan data tidak ada anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB), hal ini dapat dilihat bahwa anak 1) Masih banyak anak yang belum menyebut benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan bentuk geometri, 2) Mencontoh bentuk-bentuk geometri, 3) Menciptakan bentuk dari kepingan geometri 4) Menyebut dan menunjukkan dan mengelompokkan bentuk geometri.
Tujuan penlitian ini adalah mengetahui Pengaruh E-Book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian adalah 20 orang anak. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 20 orang anak,. Teknik pengambilan sempel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sempel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi analisis penelitian menggunakan uji hipotesis dengan bantuan IBS SPSS ver. 23 dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan adalah terdapat Pengaruh E-book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Usia 5-6 Tahun di TK Pembina 3 Pekanbaru.
vii
Berdasarkan perbandingan sebelum dan sesudah perlakuan yang diberikan menggunakan e-book berbasis gamifikasi terlihat adanya perbedaan pada kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Saat sebelum diberikan perlakuan diperoleh data, tidak ada anak yang mendapatkan kategori berkembang sangat baik dengan persentase 0%. Dengan kategori berkembang sesuai harapan terdapat 3 orang anak dengan persentase 15,00% dan kategori mulai berkembang terdapat 17 orang anak dengan persentase 85,00%. Pada kategori belum berkembang tidak ada dengan persentase 0%. Kemudian, terjadi peningkatan setelah diberikan e-book berbasis gamifikasi yaitu terdapat 16 orang anak berada pada kategori berkembang sangat baik dengan persentase 80,00% dan 4 orang anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan dengan persentase 20,00%.
Berdasarkan N gain ternormalisasi terdapat pengaruh signifikan ketika penelitian menggunakan e-book berbasis gamifikasi terhadap kemampuan mengenal bentuk geoemtri pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru sebesar 67,29% Merujuk pada hasil penggunaan rumus N Gain di atas, maka dapat diketahui bahwa nilai 67,29% dengan kategori sedang.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005114217
2005114217
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005114217
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Anak Usia Dini., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005114217
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Melda
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • RINGKASAN
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?