CD Skripsi
Pengaruh E-Book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina 3 Pekanbaru
Aisyah Dianis. NIM. 2005114217. Pengaruh E-Book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru. Kemampuan mengenal bentuk geometri yaitu salah satu kemampuan dasar dalam perkembangan matematika pada anak usia dini, mempelajari geometri dapat membantu anak dalam memahami, menggambarkan dan mendeskripsikan benda-benda yang ada disekitarnya, serta berpikir secara logika matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 5-6 tahun masih perlu ditingkatkan lagi, hal ini dikarenakan sebagian anak masih tergolong memiliki kategori Mulai Berkembang (MB). Jika dilihat dari kategori program sebelum diberikan perlakuan, maka kemampuan mengenal bentuk geoemetri pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanabaru pada perolehan data tidak ada anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB), hal ini dapat dilihat bahwa anak 1) Masih banyak anak yang belum menyebut benda-benda yang ada disekitarnya sesuai dengan bentuk geometri, 2) Mencontoh bentuk-bentuk geometri, 3) Menciptakan bentuk dari kepingan geometri 4) Menyebut dan menunjukkan dan mengelompokkan bentuk geometri.
Tujuan penlitian ini adalah mengetahui Pengaruh E-Book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian adalah 20 orang anak. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 20 orang anak,. Teknik pengambilan sempel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sempel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi analisis penelitian menggunakan uji hipotesis dengan bantuan IBS SPSS ver. 23 dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan adalah terdapat Pengaruh E-book Berbasis Gamifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Usia 5-6 Tahun di TK Pembina 3 Pekanbaru.
vii
Berdasarkan perbandingan sebelum dan sesudah perlakuan yang diberikan menggunakan e-book berbasis gamifikasi terlihat adanya perbedaan pada kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak. Saat sebelum diberikan perlakuan diperoleh data, tidak ada anak yang mendapatkan kategori berkembang sangat baik dengan persentase 0%. Dengan kategori berkembang sesuai harapan terdapat 3 orang anak dengan persentase 15,00% dan kategori mulai berkembang terdapat 17 orang anak dengan persentase 85,00%. Pada kategori belum berkembang tidak ada dengan persentase 0%. Kemudian, terjadi peningkatan setelah diberikan e-book berbasis gamifikasi yaitu terdapat 16 orang anak berada pada kategori berkembang sangat baik dengan persentase 80,00% dan 4 orang anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan dengan persentase 20,00%.
Berdasarkan N gain ternormalisasi terdapat pengaruh signifikan ketika penelitian menggunakan e-book berbasis gamifikasi terhadap kemampuan mengenal bentuk geoemtri pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru sebesar 67,29% Merujuk pada hasil penggunaan rumus N Gain di atas, maka dapat diketahui bahwa nilai 67,29% dengan kategori sedang.
Tidak tersedia versi lain