Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan  Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik  Pada Materi Pemanasan Global  Kelas X Sman 2 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Heuristik Vee Berbantuan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global Kelas X Sman 2 Pekanbaru

Tiurma Febryanti Br Sihombing / 2005134916 - Nama Orang;

Salah satu tujuan dalam pendidikan yang paling penting adalah mengajarkan peserta didik tentang hakikat ilmu sains bagaimana untuk terlibat dalam penyelidikan selanjutnya. Hasil dari penyelidikan tersebut menghasilkan produk, produk menghasilkan fakta, konsep, prinsip, teori, dan hukum. Fisika adalah bidang ilmu yang menyelidiki hubungan antara fenomena alam. Mencari tahu adalah cara untuk mempelajari fenomena alam dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Oleh karena itu, pengetahuan yang dihasilkan berasal dari penemuan, fisika terdiri produk, proses, dan sikap, sehingga penerapan metode dan model pembelajaran sangat mendukung proses belajar peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif mereka. Heuristik Vee dapat membantu siswa memahami penemuan baru mereka dan membantu mereka memahami struktur dan proses pembentukan pengetahuan.. Heuristik Vee berfokus pada kegiatan menggali pengetahuan yang telah diketahui oleh siswa. Selama proses pembelajaran, guru membantu siswa mengaitkan apa yang mereka ketahui dengan pengetahuan yang baru mereka ketahui. Media puzzle adalah sebuah media yang berisikan pertanyaan dan pernyataan terkait materi yang dipelajari dalam kegiatan pembelajaran, media puzzle terdiri dari konseptual thinking yang berisikan pertanyaaan untuk mengarahkan peserta didik menggunakan fakta dan pengetahuan mereka dalam menemukan sebuah konsep, kemudian bagian pertanyaan fokus berisikan pertanyaan untuk menuntun peserta didik dalam memecahkan permasalahan terkait materi.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Pekanbaru, bahwa metode pembelajaran yang digunakan konvensional sehingga minat dan ketertarikan siswa dalam belajar terutama dalam pembelajaran fisika tergolong rendah, diketahui bahwa hal ini disebabkan karena kurang memadainya kreativitas guru dalam memilih model dan strategi yang tepat dalam proses pembelajaran, yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar peserta didik kelas X yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, oleh sebab itu sangat penting menerapkan model pembelajaran yang bervariasi untuk menunjang ketercapaian suatu pembelajaran dalam pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menentukan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui penerapan model Heuristik Vee berbantuan media Puzzle pada materi Pemanasan Global kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Manfaat penelitian dapat digunakan sebagai referensi variasi model pembelajaran disekolah dan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa disekolah.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 PEKANBARU pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan post-test grup design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMAN 2 PEKANBARU yang berjumlah 378 peserta didik, sampel berjumlah 86 peserta didik dengan kelas X.4 sebagai kelas kontrol dan X.6 adalah kelas eksperimen yang dipilih secara rendom. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa post-test hasil belajar kognitif peserta didik berjumlah 20 soal dengan tingkatan C1-C6 pada materi pemanasan global. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan SPPS versi 25.
Hasil analisis deskriptif penelitian didapat hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran heuristik vee berbantuan media puzzle diperoleh nilai rata-rata untuk tingkatan soal C1-C6 sebesar 88,3 dengan katagori sangat baik dan standar deviasi 9,0. Sementara pada kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik yaitu 75 dengan katagori baik dan standar deviasi 7,4. Hasil uji inferensial dengan independent sampel T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, sehingga p < 0.05 maka terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media puzzle terhadap kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar kognitif peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media puzzle pada materi pemanasan global kelas X Sma Negeri 2 Pekanbaru ada pada katagori sangat baik, Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model Heuristik Vee berbantuan media puzzle. Hal ini menunjukan bahwa Penerapan model pembelajaran Heuristik Vee berbantuan media puzzle layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika kelas X untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik di tingkat SMA


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005134916
2005134916
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005134916
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005134916
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Melda
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • RINGKASAN
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?