CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Gimkit Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Usaha Energi Dan Pesawat Sederhana Siswa Kelas Viii Smpn 1 Pekanbaru
Kunci kesuksesan suatu negara sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia (SDM). Dengan terdapat sumber daya manusia yang bermutu serta berkualitas, maka tujuan pada proses bernegara bisa tercapai. Di zaman sekarang, permasalahan umum dalam IPA adalah beberapa siswa beranggapan bahwa IPA adalah pelajaran yang sangat sulit dan membosankan. Kurangnya gambaran dan sulitnya penerapan model pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah. Model pembelajaran merupakan acuan pembelajaran yang dilakukan berdasarkan pola – pola pembelajaran secara sistematis.
Pembelajaran Kooperatif didefinisikan sebagai falsafah mengenai tanggung jawab diri sendiri dan sikap menghormati sesama pada peserta didik untuk berinteraksi secara aktif dan positif saat berkelompok. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah suatu pendekatan yang menyebabkan kelompok kecil selama kegiatan belajar mengajarkan bekerja sama sebagai suatu tim untuk memecahkan masalah, menyelesaikan tugas atau untuk mencapai tujuan bersama. GIMKIT adalah salah satu platfrom pembelajaran berbasis permainan digital yang dapat digunakan tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas. Gimkit juga merupakan game digital kuis yang menggunakan tanya jawab untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif serta keefektifan peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran TGT berbantuan GIMKIT dengan membandingkan model pembelajaran secara konvensional. Manfaat yang diharapkan bagi pendidik yaitu inovasi pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Pekanbaru pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 di bulan November 2023. Populasi dari penelitian ini pada siswa kelas VIII SMPN 1 Pekanbaru terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 172 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII HJ sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII HL sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran TGT berbantuan GIMKIT sedangkan kelas kontrol akan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran secara konvensional. Diakhir pertemuan pembelajaran di kedua kelas selesai akan mengikuti serangkaian posttest yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Hasil tersebut akan didapatkan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh bahwa perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol bernilai positif sebesar 7,43, yang dimana untuk rata-rata kelas eksperimen sebesar 72,43 dan untuk kelas kontrol sebesar 65. Dan analisis inferensial pada hasil belajar kognitif terdapat uji normalitas yang dimana p = 0,200 berarti data terdistribusi normal, uji homogenitas yang dimana p = 0,249 berarti data bersifat homogen dan uji hipotesis yang dimana menggunakan independent t-test yaitu p = 0,038 berarti H_o ditolak dan H_a diterima sehingga pada penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikansi pada hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada Model Pembelajaran TGT materi Usaha Energi dan Pesawat Sederhana setelah perlakuan. Dan rata-rata peserta didik pada kedua kelas mampu menyelesaikan soal tiap indikatornya seperti kategori sangat baik pada semua indikator terkecuali indikator Mengevaluasi (C5) yang dimana kedua kelas hanya sekitar 50% yang mampu menyelesaikan soal tersebut.
Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik secara signifikan dapat dibuktikan melalui hasil posttest, analisis data deskripsif dan inferensial yang membuktikan adanya perbedaan yang signifikan dari kedua kelas tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan GIMKIT efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran secara konvensional di SMPN 1 Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain