Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Profil Kesiapan Peserta Didik  Pada Aspek Teknologi Pembelajaran  Terhadap Pelaksanaan Blended Learning  Berdasarkan Gaya Belajar  Pada Pembelajaran Kimia  Di Sma Negeri 2 Kampar Timur
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Profil Kesiapan Peserta Didik Pada Aspek Teknologi Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Blended Learning Berdasarkan Gaya Belajar Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 2 Kampar Timur

Nurchi Syahri / 2005112489 - Nama Orang;

Perkembangan ICT (Information, communication, & technology) di abad 21 telah mengantarkan kita pada era digital, yaitu sebuah era dimana pengetahuan berkembang dengan cepat, teknologi dan informasi memiliki peranan penting dalam semua aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan. Pendidikan abad ke-21 dituntut dapat mempersiapkan peserta didik yang memiliki keterampilan abad 21. Dalam Framework 21st century skills terdapat beberapa keterampilan yang dibutuhkan peserta didik abad ke-21, salah satunya keterampilan ICT Literacy atau literasi digital berupa keterampilan menggali informasi di dunia digital dan mengoptimalkan fungsi suatu teknologi. The New Zealand Minisrty of Education (2007) menganjurkan menggunakan ICT dalam pembelajaran karena potensinya dalam mendukung terjadinya pembelajaran yang efektif. Pemanfaatan ICT juga memungkinkan terciptanya berbagai macam media secara bersamaan berupa multimedia pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kimia sebagai salah satu ilmu yang bersifat kompleks dan abstrak membutuhkan berbagai variasi dalam pembelajaran, tidak hanya pembelajaran yang disampaikan melalui lisan dan tulisan namun juga dibutuhkan variasi berupa visual, audiovisual, serta animasi dan simulasi. Konsep-konsep dalam kimia akan lebih mudah dipahami jika menggunakan variasi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dipelajari. Blended learning diartikan sebagai pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran melalui ICT. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan peserta didik dan guru kimia di SMAN 2 Kampar Timur, ditemukan bahwa dalam pembelajaran kimia sering kali terkendala untuk melakukan praktikum karena sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga guru perlu mencari solusi dalam pelaksanaannya, salah satu alternatif dari permasalahan ini adalah penggunaan virtual laboratorium yang dapat diakses melalui website smartphone. Penerapan sistem pembelajaran blended learning merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Blended learning dapat dilaksanakan apabila sekolah yang bersangkutan dan peserta didik siap melaksanakannya. Aydin & Tasci mengembangkan model ELR (e-learning readiness) dengan empat faktor yang mampu mengukur kesiapan e-learning yaitu faktor teknologi, inovasi, manusia dan pengembangan diri. Pembelajaran tentunya ditujukan untuk penyampaian informasi oleh pendidik kepada peserta didik. Akan tetapi dalam menerima informasi tersebut peserta didik memiliki cara yang berbeda inilah yang dikatakan dengan gaya belajar. Secara garis besar ada tiga tipe gaya belajar yaitu tipe auditorial, tipe visual dan tipe kinestetik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan peserta didik pada aspek teknologi pembelajaran terhadap pelaksanaan blended learning berdasarkan jenis kelamin dan gaya belajar di SMAN 2 Kampar Timur dengan menggunakan skala penilaian e-learning readiness aydin dan tasci (2005) melalui pengumpulan data kuantitatif berupa angket. Hasil penelitian ini adalah kesiapan peserta didik pada aspek teknologi pembelajaran di SMA Negeri 2 Kampar Timur berdasarkan jenis kelamin adalah sama atau tidak terdapat perbedaan yaitu berada pada kategori “Siap, membutuhkan sedikit peningkatan”. Dan kesiapan peserta didik peserta didik pada aspek teknologi pembelajaran berdasarkan gaya belajar adalah sama atau tidak terdapat perbedaan berada pada kategori “Siap, membutuhkan sedikit peningkatan”. Secara keseluruhan peserta didik di SMA Negeri 2 Kampar Timur sudah siap pada aspek teknologi pembelajaran untuk pelaksanaan blended learning, walaupun masih membutuhkan sedikit peningkatan.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005112489
2005112489
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005112489
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Kimia., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005112489
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN KIMIA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Melda
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • RINGKASAN
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?