CD Skripsi
Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Al-Fadhlah Pekanbaru
Ayu Kumala Sari. NIM. 1705115261. Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Percaya Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Al-Fadhlah Pekanbaru. Berdasarkan pengamatan di TK Al-Fadhlah Pekanbaru kelompok usia 4-5 tahun, terdapat permasalahan pada anak yaitu masih banyak yang tidak memiliki kemampuan untuk percaya diri seperti 1) Mengeluarkan pendapatnya sendiri, padahal murid tersebut memahami namun takut untuk mengeluarkan pendapatnya. 2) Masih kurangnya kemandirian murid yang selalu memastikan kembali apakah yang mereka buat telah benar atau salah. 3) Terdapat juga beberapa murid yang tidak memiliki konsep diri yang positif, seperti selalu berfikiran bahwa yang mereka kerjakan adalah hal positif padahal kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang negatif dan kurangnya terampilnya murid dalam mengungkapkan pendapat. 4) Terdapat juga beberapa murid yang mudah putus asa karena tidak dapat menyelesaikan kegiatannya. 5) Canggung dalam bertindak. 6) Ragu dalam mempresentasikan di depan kelas seperti bernyanyi maupun menerangkan pembelajarannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengertian yang menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen karena peneliti ingin melihat variabel sebab dan variabel akibat dari penerapan metode bermain peran (role playing). Rancangan penelitian yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design. Berdasarkan analisis pengelolaan data dan hasil persentase di atas dapat dilihat hasil pretest percaya diri pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fadhlah Pekanbaru diperoleh jumlah nilai 102 dan rata – rata presentase 35,41% berada pada kategori belum berkembang berkembang (BB). Skor akhir tertinggi terdapat padaindikator kemampuan anak dalam membuat keputusan dengan cepat dengan jumlah skor 19. Kemudian skor akhir terendah terdapat pada indikator 4 yaitu kemampuan anak untuk tidak canggung dalam bertindak.dengan skor 15. Jika dilihat dari kriteria perorangan, tidak ada anak yang
i
berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) , berkembang sesuai harapan ((BSH), mulai berkembang (MB). Sedangkan pada kriteria belum berkembang (BB) terdapat 10 anak dengan persentase 100%.
Berdasarkan data tersebut, percaya diri pada anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fadhlahmasih perlu ditingkatkan. Hal inidikarenakan padaproses pembelajaranmasih banyak anak yang tidak percaya diri untuk tampil di depan kelas, bertanya atau menjawab pertanyaan guru dengan percaya diri. Kemudian ada juga anak yang belum mampu mengambil keputusan dengan cepat.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui percaya diri anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fadhlah Pekanbaru sebelum diberikan metode bermain peran (role playing). 2) Mengetahui percaya diri anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fadhlah Pekanbaru setelah diberikan metode bermain peran (role playing). 3) Mengetahui besarnya pengaruh metode bermain peran terhadap percaya diri anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fadhlah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-5 tahun di TK Al-Fadhlah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang anak, terdiri dari 6 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Pengumpulana data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan t-test dengan menggunakan program SPSS Versi 23.
Tidak tersedia versi lain