CD Skripsi
Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan (Sakubun) Pada Mahasiswa Angkatan 2021 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Fkip Universitas Riau
Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Mind Mapping Dalam
Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan (Sakubun) Pada Mahasiswa
Angkatan 2021 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Universitas Riau. Mind
mapping berarti peta pikiran yang dapat memungkinkan kita untuk menyusun ide,
fakta dan pikiran cara kerja otak terlibat sejak awal sehingga mampu mengingat
informasi menjadi lebih mudah. Penelitian dilatar belakangi oleh mahasiswa PBJ
angaktan 2021 yang masih kesulitan dalam membuat ide karangan yang dapat
digunakan untuk mengklasifikasikan ide dan menyusun urutan cerita. Tujuan
dilakukannnya penelitian ini ialah untuk mengklasifikasikan ide, struktur karangan
serta menyusun karangan dalam bahasa Jepang. Penelitian ini termasuk ke dalam
metode kuantitatif dengan desain penelitian yakni One-Group Pre-test-Posttest. Pada
proses ini peneliti akan menjelaskan mengenai konsep dari mind mapping, apa tujuan,
guna dan cara membuat dari mind mapping.
Pada pelaksanaan pre-test mahasiswa diberikan tugas untuk menulis karangan
sebelum menggunakan metode mind mapping. Mahasiswa menulisnya pada selembar
kertas yang diberikan setelah peneliti menjelaskan mengenai materi dan cara
pengerjaan tugas. Setelah selesai tugas dikumpulkan lalu dievaluasi. Evaluasi
dilakukan berdasarkan rubrik penilaian dalam menulis karangan. Berdasarkan hasil
evaluasi pre-test didapat nilai rata-rata sebesar 64.96. Setengah dari mahasiswa masih
tidak bisa membuat struktur ide, menuangkan ide dengan luas sehingga otomatis
tidak mampu menyusun kerangka karangan mengakibatkan mahasiswa tidak bisa
menulis dan menciptakan karangan yang baik, sehingga memilih pola kalimat
menjadi sulit dan hasil akhir dari tulisan menjadi kurang.
Pada tahap pelaksanaan posttest, peneliti terlebih dahulu menjelaskan konsep
dari mind mapping, tujuan dari mind mapping, guna serta cara dalam pembuatan mind mapping sehingga nantinya mahasiswa dapat lebih paham dalam mengerjakannya.
Setelah evaluasi pada posttest dilakukan didapati nilai rata-rata sebesar 83.4 yang
berarti nilai mahasiswa dalam menulis karangan meningkat setelah diterapkannya
metode mind mapping. Setelah menggunakan mind mapping, ide yang dihasilkan lebih
banyak, karangan yang dihasilkan pun lebih terstruktur dan kerangka karangan menjad lebih
tersusun dengan baik. Mengikuti dengan penggunan kosakata dan pola kalimat yang tepat
serta karangan relevan dengan tema yang diberikan.
Tidak tersedia versi lain