CD Skripsi
penerapan model pembelajaran connecting,organizing, reflecting, extending(core)berbantuan media wordwall untuk meningkatkan hasilbelajar kognitif siswa kelas x pada materi energi dan perubahannya di smk pgri pekanbaru
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Salah satu pembelajaran yang ada di sekolah adalah pembelajaran fisika. Banyak fakta di lapangan, bahwa pembelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa dikarenakan dalam pembelajaran fisika siswa sering merasa bosan karena pembelajaran yang terkesan monoton. Pada saat guru menyampaikan tugas, siswa merasa sulit menjawab pertanyaan guru sehingga membuat hasil belajar siswa yang diharapkan tidak akan tercapai. Maka dibutuhkan penggunaan model pembelajaran yang tepat dan dapat memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran sehingga memungkinkan siswa mencapai hasil belajar yang baik, salah satunya melalui model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending yang dikolaborasikan dengan media pembelajaran wordwall.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending(CORE) berbantuan media wordwall serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan media wordwall dengan pembelajaran konvensional pada materi energi dan perubahannya di SMK PGRI Pekanabaru.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Posttest Only Nonequivalen Control Group Design.Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas X SMK PGRI Pekanbaru yang terbagi kedalam 4 kelas yang kemudian dipilih 2 kelas secara acak. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas X RPLG sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending(CORE)berbantuan media wordwall dan kelas X TKJ sebagai kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah posttest hasil belajar kognitif dalam bentuk soal objektif.Hasil data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Hasil analisis deskriptif pada penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar kognitif kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)berbantuan media wordwall adalah berkategori baik dengan rata-rata sebesar 78,79 dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional berkategori cukup baik dengan rata-rata sebesar 65. Hasil analisis inferensial yang diperoleh dengan bantuan aplikasi SPSS didapatkan hasil bahwa berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas maka kedua kelas terdistribusi normal dan homogen.Hasil dari uji hipotesis diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)berbantuan media wordwall dengan kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE)berbantuan media wordwalldapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi energi dan perubahannya di kelas X SMK PGRI Pekanbaru.Sehubungan dengan hasil penelitian, maka peneliti menyadari kemampuan yang dimiliki sangat terbatas, maka disarankan kepada peneliti berikutnya untuk meneliti pada bidang ilmu yang berbeda menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan berbantuan media lainnya
Tidak tersedia versi lain