CD Skripsi
Pengaruh Media Tata Surya Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Lawiyah Pekanbaru
Berdasarkan Pengamatan di TK Lawiyah Pekanbaru kelompok usia 5-6 tahun, terdapat permasalahan pada anak yaitu 1) Sebagian anak dapat menyebutkan nama-nama tata surya akan tetapi ketika guru menunjukkan tata surya secara acak, anak tidak dapat menyebutkan tata surya yang ditunjuk oleh guru. 2) Pada saat
Pada penelitian ini, penulis melakukan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode pre-experimental design tipe one group test (tes awal tes akhir
kelompok tunggal). One group test design adalah kegiatan penelitian yang
memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan
perlakuan barulah memberikan tes akhir (posttest). Setelah melihat pengertian
tersebut dapat ditarik simpulan bahwa hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat
karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberikan perlakuan.
Berdasarkan analisis pengelolaan data dan hasil persentase dapat dilihat hasil
pretest keterampilan proses sains pada anak 5-6 tahun di TK Lawiyah Pekanbaru
diperoleh jumlah nilai 260 dan rata–rata presentase 72,22% berada pada kategori
berkembang sesuai harapan (BSH). Skor akhir tertinggi terdapat pada indikator
“Mengamati” dengan jumlah skor 49.
Data yang diperoleh setelah dilakukan posttest yakni dengan jumlah nilai 345
dengan nilai rata-rata presentase 95,83% berada pada kategori berkembang sangat
baik (BSB). Skor akhir tertinggi terdapat pada indikator “Berkomunikasi” dengan
skor 60 berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB). Indikator tersebut
mendapat skor tertinggi karena anak lebih banyak berinteraksi, sehingga anak
tersebut lancer dalam berkomunikasi.
Penelitian eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui adanya pengaruh
signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan media tata surya.
Setelah dilakukan uji perbandingan pretest dan posttest, uji signifikan perbedaan ini
densgan t statistic diperoleh thitung = 7,417 dengan Sig. = 0,000. Karena nilai Sig. <
0,05 berarti signifikan. Jadi ada perbedaan perubahan keterampilan proses sains pada
anak yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media tata surya.
Dimana setelah perlakuan mempunyai pengaruh yang cukup baik dari pada sebelum
perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan media tata surya terhadap keterampilan
proses sains pada anak berpegaruh sebesar 12,63% dengan kategori rendah.
Tidak tersedia versi lain