Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase E  SMA Negeri 4 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase E SMA Negeri 4 Pekanbaru

Ira Angraini / 2005112680 - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis (KPMM) peserta didik di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Hal ini diketahui berdasarkan hasil tes KPMM dan wawancara yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pekanbaru. Peneliti tertarik untuk menggali informasi di SMA Negeri 4 Pekanbaru dikarenakan nilai rata-rata sumatif pada pelajaran matematika di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil tes KPMM, observasi, dan wawancara terhadap guru, ditemukan lemahnya kemampuan peserta didik dalam merencanakan pemecahan masalah yang menjadi pedoman penyelesaian masalah tersebut dan kemampuan menafsirkan hasil yang diperoleh.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu membiasakan peserta didik menyelesaikan masalah dengan tahapan yang terkait agar mereka dapat menemukan ide-idenya dalam menyelesaikan masalah. Cara untuk membiasakannya dengan meningkatkan keaktifan peserta didik. Hal ini dapat dicapai melalui metode-metode pembelajaran yang menarik dan memiliki makna bagi peserta didik.
Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut guna meningkatkan KPMM peserta didik adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Dalam model ini, peserta didik akan belajar bekerja sama dalam suatu kelompok kecil guna memecahkan suatu masalah nyata. Model PBL diharapkan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam menemukan solusi terhadap masalah yang diberikan oleh pendidik.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini melibatkan dua buah kelas sampel dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan model PBL dengan pendekatan saintifik, sementara itu kelas kontrol mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan KPMM antara peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru yang mengikuti pembelajaran melalui model PBL dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik dan untuk melihat signifikan peningkatan KPMM peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru yang mengikuti pembelajaran melalui penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik.
Hasil uji statistik terhadap skor KPMM peserta didik kelas sampel menunjukkan bahwa rata-rata skor KPMM peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor KPMM peserta didik kelas kontrol. Selain itu, uji statistik terhadap skor peningkatan KPMM peserta didik menunjukkan bahwa rata-rata skor peningkatan KPMM peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor peningkatan KPMM pada peserta didik kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan KPMM antara peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru yang mengikuti pembelajaran melalui model PBL dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan KPMM peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Pekanbaru yang mengikuti pembelajaran melalui penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik dan pembelajaran konvensional dengan pendekatan saintifik.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005112680
2005112680
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005112680
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Matematika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005112680
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN MATEMATIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II KAJIAN TEORITIS
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?