CD Skripsi
Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Fase D SMPN 4 Tambang Konten Statistika
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematis (KKM) peserta didik konten statistika namun kenyataannya rata-rata KKM peserta didik masih tergolong rendah. Ini terlihat dari hasil wawancara oleh salah satu guru Matematika kelas VIII di SMPN 4 Tambang didapat informasi bahwa peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan menghubungkan masalah ke dalam ide-ide matematis, penggunaan bahasa matematika yang tepat, dan penyusunan argumen. Sebelumnya guru juga belum sepenuhnya memfasilitasi peserta didik dengan KKM dan belum sepenuhnya mengetahui informasi mengenai KKM. Guru juga belum sepenuhnya menerapkan kurikulum merdeka seperti penerapan model pembelajaran serta penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) saat proses pembelajaran. Dilanjutkan dengan pelaksanaan tes awal didapat hasil bahwa rata-rata skor KKM pada setiap aspeknya masih didominasi peserta didik dengan kategori mulai berkembang. Setelah melakukan tes awal dilanjutkan dengan kegiatan observasi didapat informasi bahwa peserta didik terlihat kurang antusias dalam proses pembelajaran, kurang memperhatikan dan masih bergantung kepada penjelasan guru. Pada kegiatan proses pembelajaran belum terlaksana sesuai dengan Permendikbudristek Standar Proses No.16 tahun 2022 pada bagian keenam yaitu mengenai pelaksanaan pembelajaran dalam suasana yang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
Model pembelajaran sangat diperlukan sebagai pengarah peserta didik untuk memecahkan permasalahan di dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual) dengan bekerja sama di dalam kelompok untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan sehingga proses pembelajaran berpusat kepada peserta didik sehingga dapat meningkatkan KKM peserta didik. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran tersebut adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menerapkan PBL untuk meningkatkan KKM peserta didik di kelas 〖VIII〗_3 SMPN 4 Tambang konten statistika.
Manfaat yang dapat dicapai di dalam penelitian ini adalah dapat memberikan suasana pembelajaran yang berbeda sehingga peserta didik tertantang untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggali informasi-informasi dari sumber yang telah disediakan. Hal ini membuat peserta didik jauh lebih aktif di dalam proses pembelajaran sehingga menimbulkan kegiatan tanya jawab antara guru dan peserta didik. Hal ini dapat meningkatkan KKM peserta didik kelas 〖VIII〗_3 SMPN 4 Tambang.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek di dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 〖VIII〗_3 dengan 14 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan di dalam penelitian diantaranya perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpul data. Perangkat pembelajaran terdiri dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), modul ajar, LKPD, dan media pembelajaran. Instrumen pengumpul data terdiri dari lembar pengataman aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, dan tes KKM peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis aktivitas guru dan peserta didik selama proses penelitian diperoleh informasi bahwa pelaksanaan proses pembelajaran telah berjalan dengan baik di setiap pertemuannya. Berdasarkan hasil analisis tes KKM diperoleh informasi bahwa terjadinya peningkatan KKM peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan frekuensi peserta didik yang memperoleh skor maksimal KKM. Pada tes awal ke siklus pertama terjadinya peningkatan frekuensi peserta didik yang memperoleh skor maksimal. Pada tes siklus pertama ke siklus kedua juga terjadi peningkatan peserta didik yang memperoleh skor maksimal di setiap indikatornya. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan PBL dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KKM peserta didik di kelas 〖VIII〗_3 SMPN 4 Tambang semester genap tahun ajaran 2023/2024 konten statistika.
Tidak tersedia versi lain