Digilib Perpustakaan Universitas Riau

Tugas Akhir, Skripsi, Tesis dan Disertasi Mahasiswa Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning  Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Cahaya dan Optik SMA Kelas XI SMA N 6 Pekanbaru
Penanda Bagikan

CD Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Experiental Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Cahaya dan Optik SMA Kelas XI SMA N 6 Pekanbaru

Farel Razaq Wardhana / 2005135280 - Nama Orang;

Dalam pembelajaran fisika, siswa diharapkan mampu memahami konsep fisika secara menyeluruh, mampu membuktikan konsep fisika yang dipelajari, hingga mampu mengaitkan dalam fenomena yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan pendidikan di Indonesia adalah kurangnya proses pembelajaran yang melibatkan siswa aktif belajar. Berdasarkan hasil wawancara, penulis menyoroti bahwa pendidik sering menemukan bahwa siswa mempunyai konsep yang berbeda dengan konsep yang diterima oleh guru. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian terhadap pemahaman konsep dengan bantuan model pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif. Salah satu model pembelajaran yang inovatif yang membuat siswa mengalami langsung adalah model pembelajaran Experiental Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan pembelajaran Experiental Learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi cahaya dan optik. Selain itu, dilakukannya penelitian ini guna mengetahui efektivitas pembelajaran fisika melalui penerapan pembelajaran Experiental Learning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa di SMAN 6 Pekanbaru.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment. Populasi pada penelitian ini mencakup 6 kelas, yaitu kelas IPA 1 sampai IPA 6 kemudian dipilih 2 kelas sampel. Dalam hal ini terpilih kelas IPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakukan berupa pembelajaran Experiental Learning sedangkan kelas IPA 2 terpilih sebagai kelompok kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan dengan cara pemberian tes kemampuan pemahaman konsep setelah melaksanakan pembelajaran materi cahaya dan optik pada kedua kelas sampel. Tes ini disusun berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep yang terdiri atas 3 indikator yang dijabarkan ke dalam 10 item soal.
Data penelitian berupa hasil posttest pemahaman konsep yang diolah secara kuantitatif serta ditampilkan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Sedangkan berdasarkan analisis secara inferensial menggunakan Uji-T pada software SPSS memperoleh nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep kelompok eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Eksperiental learning memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Model pembelajaran Experiental Learning dinilai efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi cahaya dan optik di SMAN 6 Pekanbaru. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu rujukan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran Fisika.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2005135280
2005135280
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2005135280
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau FKIP Pendidikan Fisika., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2005135280
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Jaka
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • COVER
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II LANDASAN TEORI
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?