CD Skripsi
Pengembangan Soal Mathematical Reasoning Materi Bangun Datar Menggunakan Website Wordwall Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Reasoning merupakan proses aktivitas berpikir guna menarik simpulan berdasarkan informasi atau data yang telah ada. Kemampuan reasoning merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika sebab tujuan terpenting dari diselenggarakannya pembelajaran matematika yaitu untuk mengajarkan logical reasoning atau penalaran logika kepada siswa. Tanpa adanya kemampuan reasoning maka tujuan dari pembelajaran matematika tidak akan tercapai. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan reasoning bisa dengan latihan mengerjakan soal. Namun saat ini, soal soal yang diberikan oleh guru kepada siswa masih banyak bersumber dari buku paket siswa yang masih berupa soal rutin, kurang variatif, dan belum menekankan pada aspek penalaran siswa. Dalam pemberian soal matematika guru seringkali hanya dengan menuliskannya di papan tulis atau hanya dengan menyebutkannya, sehingga siswa kurang bersemangat dan tertarik mengerjakan soal, terlebih soal matematika merupakan soal yang dianggap sulit dan kurang diminati oleh siswa. Untuk itu peneliti bertujuan untuk mengembangkan soal mathematical reasoning dengan menggunakan website wordwall yang valid dan reliabel.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) dengan menggunakan model 4 D yakni pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), , dan penyebaran (Desseminate). Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 194 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan Rasch model. Pada tahap penyebaran atau desseminate dilaksanakan dengan melakukan uji coba produk soal kepada 30 orang siswa dengan tujuan untuk mengetahui validasi dan reliabilitas soal.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan pada hasil validasi dari tiga orang dosen ahli terhadap 3 aspek yakni konstruksi, bahasa, dan tampilan yaitu 93,73 % dengan kategori sangat valid. Kemudian hasil analisis dengan menggunakan Rasch model didapatkan soal dengan tingkat kesukaran tertinggi yakni soal nomor 3 dengan nilai logit 2,30 dan soal dengan tingkat kesukaran terendah yaitu nomor 11 dengan nilai logit -2,35. Siswa dengan kemampuan tertinggi yakni siswa dengan nomor urut 14L dan siswa dengan kemampuan terendah yakni siswa dengan nomor urut 24L. Dari 15 soal yang dikembangkan diketehui terdapat 2 soal yang tidak valid, yaitu soal nomor 6 dan soal nomor 1. Soal nomor 1 memiliki nilai MNSQ melebihi batas 1,5 yakni 3,9 dan soal nomo 1 juga memiliki nilai MNSQ melebihi batas yakni 1,55. Jadi, berdasarkan hasil tersebut maka soal nomor 6 dan 1 dinyatakan tidak valid. Kemudian reliabilitas soal setelah diujikan kepada 30 orang siswa memiliki nilai 0,85 dengan kategori bagus. Jadi berdasarkan hasil yang telah didapatkan maka soal yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan reliabel.
Dari angket respon siswa yang terdiri dari 10 pernyataan diperoleh nilai tertinggi pada pernyataan 1, 9 dan 10 dengan kategori sangat baik. Kemudian pernyataan dengan nilai terendah yakni pernyataan 8 dengan kategori baik. Sehingga berdasarkan hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bahwasanya soal yang dikembangkan dapat dipahami dengan baik dan dapat menarik minat siswa dalam mengerjakan soal meskipun terdapat beberapa siswa yang masih kebingungan dalam memaknai soal.
Berdasarkan penelitian ini pengembangan soal mathematical reasoning materi bangun datar dengan menggunakan website wordwall sudah valid dan reliabel. Dari penelitian ini peneliti menyarankan agar dapat dilakukan penyebaran yang lebih luas agar soal mathematical reasoning ini dapat dikerjakan oleh siswa untuk meningkatkan kemampuan penalarannya.
Tidak tersedia versi lain