CD Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Learning Terhadap Literasi Budaya Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Daniel HKBP Rumbai Pekanbaru
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap literasi budaya anak mengenai model pembelajaran flipped learning di TK Daniel HKBP Rumbai Pekanbaru ditemukan terdapat masalah (1) kurangnya ketersediaan fasilitas atau media belajar untuk membantu terlaksananya kearifan lokal tentang literasi budaya di sekolah ; (2) kurangnya dukungan dari orangtua dirumah membuat anak kurang memiliki rasa ingin tahu mengenai budaya lokal yang ada di sekitar anak serta masalah ketersediaan pendampingan di rumah maupun sekolah; (3) kurangnya minat membaca anak salah satunya mengenai literasi budaya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perkembangan literasi budaya anak usia 5-6 tahun di TK Daniel HKBP Rumbai Pekanbaru sebelum menggunakan model pembelajaran flipped learning; (2) untuk mengetahui perkembangan literasi budaya anak usia 5-6 tahun di TK Daniel HKBP Rumbai Pekanbaru setelah menggunkan model pembelajaran flipped learning; (3) untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran flipped learning terhadap literasi budaya pada anak usia 5-6 tahun di TK Daniel HKBP Rumbai Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Daniel HKBP Rumbai Pekanbaru usia 5-6 tahun, sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 15 orang anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest design. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur tingkat literasi budaya pada anak usia 5-6 tahun di TK Daniel HKBP Rumbai Pekanbaru dengan menggunakan teknik observasi pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 25.
Berdasarkan pengamatan dilapangan terhadap literasi budaya pada anak usia 5-6 tahun di TK Daniel HKBP Rumbai masih perlu dikembangkan dan dioptimalkan, hal ini sejalan dengan data hasil penelitian pada pretest, didapat
rata-rata nilai anak adalah 46,76 sehingga masuk dalam kategori mulai
berkembang. Anak masih sangat kurang dalam menceritakan kembali apa yag sudah didengar yang hanya mendapat skor 30, dan masuk dalam kategori belum berkembang. Namum sudah baik dalam menghargai teman dan orang yang lebih tua dengan skor 58,33 dan masuk dalam kategori berkembang sesuai harapan.
Selanjutnya setelah diterapkan model pembelajaran flipped learning didapat skor kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di TK Daniel HKBP Rumbai Pekanbaru menjadi 78,89 dan masuk dalam kategori berkembang sangat baik. Hasil ini sejalan dengan hasil uji statistik yang menyatakan terdapat pengaruh yang signnifikan model pembelajaran flipped learning terhadap literasi budaya anak usia 5-6 Tahun di TK Daniel HKBP Rumbai dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 7,733, nilai t hitung (23,401)>t tabel (2,145), dan nilai sig.(0,000)
Tidak tersedia versi lain