CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII.3 SMPN 22 Pekanbaru
Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu tujuan pembelajaran matematika pada kurikulum merdeka yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematis, menyelesaikan model dan menafsirkan hasil yang diperoleh. Informasi dari guru mengindikasikan rendahnya KPMM siswa kelas VII.3 SMPN 22 Pekanbaru. Hasil observasi menunjukkan penyebab rendahnya KPMM siswa dikarenakan siswa tidak terbiasa dan tidak dilatih dalam memecahkan masalah. Hasil tes KPMM siswa kelas VII.3 SMP Negeri 22 Pekanbaru menunjukkan nilai siswa dalam memahami masalah 39,58 merencanakan penyelesaian 34,26 melaksanakan rencana 31,94 dan menafsirkan hasil yang diperoleh 21,53 Keadaan ini menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara KPMM siswa dengan KPMM yang diharapkan pada mata mata pelajaran matematika kelas VII.3 SMP Negeri 22 Pekanbaru. Meningkatkan KPMM siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang melatih siswa dalam memecahkan masalah salah satunya model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII.3 SMPN 22 Pekanbaru dengan menerapkan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Manfaat dari penerapan model SSCS dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) siswa.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Peneliti bekerja sama dengan guru matematika kelas VII.3 SMPN 22 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 orang siswa kelas VII.3 SMPN 22 Pekanbaru. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data. Perangkat pembelajaran terdiri dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan instrumen kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan terdiri dari teknik pengamatan dan tes KPMM.
Hasil analisis lembar pengamatan, penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dalam pembelajaran matematika kelas VII.3 SMPN 22 Pekanbaru menunjukkan terjadinya perbaikan pada aktivitas guru dan aktivitas siswa di setiap siklusnya. Siswa menjadi lebih aktif dan berani mengungkapkan pendapatnya serta turut andil dalam pemecahan masalah di dalam kelompoknya dan aktif dalam berdiskusi kelompok. Pada fase Search, siswa sudah bisa untuk mengidentifikasi masalah dan mengumpulkan informasi. Pada fase Solve, siswa sudah bisa merencakan dan menyelesaikan masalah yang terdpaat di LKS, dan pada fase Create, siswa sudah bisa menuliskan kembali proses pemecahan masalah. Pada fase Share, siswa sudah berani mengajukan diri untuk mepresentasikan hasil kelompoknya. Analisis juga dilakukan pada data Tes KPMM siswa yang terdiri dari pretest dan post test.
Hasil analisis tes KPMM diperoleh pada siklus I dan siklus II, setelah menerapkan model pembelajaran SSCS secara keseluruhan KPMM siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini ditunjukkan peningkatan nilai N-Gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pretest dan post test siklus I dan II. Nilai N-Gain KPMM pada siklus I adalah 0,63 dengan kualisifikasi peningkatan sedang dan siklus II adalah 0,69 dengan kualisifikasi peningkatan sedang.
Berdasarkan analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan KPMM siswa kelas VII.3 SMPN 22 Pekanbaru pada konten Aritmatika Sosial semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Rekomendasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
Tidak tersedia versi lain