CD Skripsi
Pengaruh Metode ‘Phonics’ Terhadap Membaca Permulaan Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Alumna Islamic School Cab. Harapan Raya Pekanbaru
Kemampuan membaca permulaan adalah keterampilan mendasar dari semua proses
pembelajaran segala bidang, khususnya pada anak usia dini. Era serba modern ini
membuat anak-anak berada dalam kondisi yang dirugikan ketika tidak menguasai
setidaknya salah satu dari bahasa internasional, maka dari itu mengenalkan bahasa
Inggris sedini mungkin dan memanfaatkan masa golden age anak akan membentuk
beberapa keunggulan dalam tumbuh kembangnya anak. Metode ‘phonics’ adalah
metode yang mengombinasikan hubungan antara bentuk dan bunyi huruf.
Pendekatan metode ‘phonics’ sangat efektif untuk mengenalkan alfabet bahasa
Inggris dan juga mengenalkan huruf serta pengejaannya yang berbeda dari bahasa
ibu anak. Model penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen yang melihat pengaruh variabel independent terhadap variabel
dependent. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan
rancangan desain One Group Pretest-Posttest Design. Berdasarkan N Gain
ternormalisasi terdapat pengaruh signifikan ketika dilakukan treatment metode
‘phonics’ terhadap membaca permulaan bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di TK
Alumna Islamic School Cab. Harapan Raya Pekanbaru sebesar 79,70%.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Inggris, Metode ‘Phonics’
Tidak tersedia versi lain