CD Skripsi
Pengembangan Booklet Berbasis Pbl Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas Xi SMA
Kurikulum merdeka memiliki tujuan pendidikan untuk mewujudkan proses pembelajaran inovatif serta lebih berpusat pada peserta didik (student-centered), dimana sebelum itu konsep pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu ciri dari kebijakan merdeka belajar adalah pembelajaran berorientasi pada pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah dapat dikatakan sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam belajar. Namun pada faktanya, kemampuan pemecahan masalah belum bisa dioptimalkan oleh sebagian besar peserta didik tingkat SMA khususnya pada materi sistem sirkulasi. Pendapat ini didukung dengan hasil wawancara terhadap guru biologi SMAN 4 Pekanbaru dan SMAN 12 Pekanbaru yang mengatakan bahwa setiap peserta didik memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang berbeda-beda. Peserta didik masih belum optimal dalam memahami masalah dan mencari solusi terhadap permasalahan yang diberikan. Hal tersebut disebabkan karena masih kurang bervariasinya media dan sumber belajar yang digunakan guru selama proses pembelajaran.
Sistem sirkulasi merupakan salah satu materi biologi yang membutuhkan pemahaman lebih karena memiliki tingkat kesukaran yang cukup tinggi yang terlihat pada konsep, proses dan peristiwa yang terdapat didalamnya. Guru harus dapat menyesuaikan strategi, model dan metode pembelajaran yang cocok dengan karakteristik generasi yang mereka ajarkan. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah Problem based learning (PBL). Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan dalam model PBL adalah booklet.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun, pada penelitian pengembangan ini peneliti hanya melakukan penelitian hingga tahap pengembangan (development). Booklet yang telah dikembangkan akan di validasi oleh 4 orang validator yang terdiri dari 2 orang validator dosen dan 2 orang validator guru. Validator dosen merupakan dosen dari Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Riau, sedangkan validator guru terdiri dari 1 orang guru mata pelajaran biologi di SMAN 4 Pekanbaru dan 1 orang guru mata pelajaran biologi di SMAN 12 Pekanbaru. Hasil validasi selanjutnya diolah dan dilakukan perbaikan atas saran validator. Booklet yang telah mendapatkan kategori valid atau sangat valid, selanjutnya akan dilakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas terbagi menjadi dua tahap. Uji coba terbatas tahap I dilakukan kepada 10 orang mahasiswa semester 7 Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Riau. Uji coba terbatas tahap II dilakukan kepada 36 orang peserta didik kelas XII SMAN 4 Pekanbaru. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Februari 2024 – Oktober 2024. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan yaitu booklet berbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem sirkulasi kelas XI SMA. Booklet terdiri dari 3 pertemuan, yaitu pertemuan ke-1 membahas komponen darah pada manusia, pertemuan ke-2 membahas peredaran darah pada manusia dan pertemuan ke-3 membahas gangguan dan teknologi sistem peredaran darah. Hasil validasi booklet yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata skor 3,80.
Hasil uji coba terbatas tahap I diperoleh rata-rata skor 3,82 dengan kategori sangat baik dan hasil uji coba terbatas tahap II diperoleh rata-rata skor 3,47 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa booklet berbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem sirkulasi memiliki kualitas sangat baik dengan nilai rata-rata 3,70 yang dilihat dari hasil rata-rata validasi oleh validator dan uji coba terbatas pada produk yang dikembangkan.
Booklet berbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem sirkulasi yang telah dikembangkan ini direkomendasikan untuk menjadi panduan guru menghasilkan secara mandiri media tersebut agar adanya variasi media dalam proses pembelajaran serta sebagai referensi sumber belajar bagi peserta didik kelas XI. Bagi peneliti selanjutnya dapat mengembangkan booklet pada materi berbeda dan menggunakan model pembelajaran lainnya ataupun melanjutkan tahapan pengembangan media ini ke tahap implementasi dan evaluasi.
Tidak tersedia versi lain