CD Skripsi
OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL GRACE AND GLOW DALAM MEMANFAATKAN MICRO INFLUENCERS MELALUI APLIKASI TIKTOK
Grace and glow dapat meraih penghargaan dalam ajang Brand Choice 2023 yang digelar Infobrand.id bekerjasama dengan lembaga riset Tras N Co Indonesia. Kemunculan produk ini berawal dari pemasarannya lewat aplikasi TikTok pada tahun 2021 dimana produk ini mulai viral dan banyak menggunakan jasa influencers untuk mempromosikan produk mereka. Peredaran konten pemasaran mengenai produk Grace and glow semakin tinggi hingga sekarang yang dikarenakan kreator-kreator kecil juga turut diajak kerjasama untuk mempromosikan produk ini. Semakin tinggi peredaran konten pemasaran mengenai produk Grace and glow, maka semakin berdampak pada brand awareness produk. Hal ini dikarenakan optimalisasi pemasaran yang dilakukan oleh banyak micro influencers dengan menerapkan 4 aspek dasar yaitu Share, Optime,Manage, dan Engage.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi media sosial Grace and Glow dalam memanfaatkan Micro Influencers dari aspek Share, Optimize, Manage, dan Engage. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penyajian analisa deskriptif. Informan pada penelitian ini terdiri dari 6 orang sesuai kriteria yang dipilih menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data yang digunakan yaitu triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memasarkan produk Grace and glow sebagai bentuk strategi media sosial, micro influencers menggunakan akun TikTok sebagai platform penyebaran konten promosi dengan mengunggah sejumlah video ulasan mengenai produk Grace and glow (Share), lalu mereka mengoptimalisasikan konten pemasaran Grace and glow dengan konsisten untuk mengunggah konten promosi berbentuk video ulasan produk dengan menginformasikan keunggulan dan keunikan produk Grace and glow (Optimize), dan dalam pengelolaan akun, micro influencers menghadirkan berbagai konten kreatif dan berciri khas untuk menarik perhatian audiens sebagai bentuk konsistensi seorang influencers serta upaya self-branding mereka(Manage), serta melibatkan audiens dengan cara berinteraksi dengan pentonon lewat kolom komentar dan memanfaatkan partisipasi audiens lewat giveaway untuk menciptakan ikatan dan juga kredibilitas (Engage)
Tidak tersedia versi lain