CD Skripsi
pengaruh konseling kelompok dengan teknik assertive training terhadap sikap asertif siswa introvert di sma dharma loka pekanbaru
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok dengan
Teknik Assertive training Terhadap Sikap Asertif Siswa Introvert di SMA Dharma
Loka Pekanbaru”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Sikap
Asertif siswa introvert sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok
dengan teknik Assertive training, mengetahui perbedaan tingkat sikap asertif
sebelum dan sesudah dilakukannya layanan konseling kelompok dengan teknik
Assertive training, serta untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh layanan
konseling kelompok dengan teknik assertive training terhadap sikap asertif siswa
introvert.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen,
menggunakan metode pre-eksperimen design. Desain penelitiannya adalah One
Group Preetest – Posttest design. Jenis statistik yang digunakan adalah statistic non
parametric dengan analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan perhitungannya
menggunakan bantuan SPSS versi 26 dan uji N-Gain Ternormalisasi menggunakam
bantuan Microsoft Excel. Berdasarkan data “Test Statistic” dapat dilihat bahwa
Asymp. Sig (2-tailled) adalah 0,05. Karena hasil yang di dapat adalah 0,012, dan
nilai 0,012 < 0,05, maka ha diterima. Artinya terdapat perbedaan tingkat sikap
asertif siswa introvert sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok
dengan teknik assertive training. Dari hasil olahan uji N-Gain ternormalisasi, hasil
perhitungan rata-rata preetest dan posttest pada kelompok eksperimen memperoleh
mean (37,25 < 62,62) terdapat peningkatan karena hasil posttest lebih besar
daripada preetest yang diperoleh sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling
kelompok. Dengan perolehan mean pada Gain Score sebesar 0,59 maka besar
pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training terhadap
sikap asertif siswa introvert berada pada kategori sedang. Maka dari itu dapat
disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training
ini berpengaruh untuk meningkatkan sikap asertif siswa introvert.
Kata kunci : Sikap Asertif, Introvert, Konseling Kelompok, Assertive Training
Tidak tersedia versi lain