Digilib Perpustakaan Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan
keterampilan komunikasi interpersonal siswa yang terisolir di sekolah
Penanda Bagikan

CD Skripsi

pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa yang terisolir di sekolah

Reenad Atiqha Masait 2105125084 - Nama Orang;

Keterampilan komunikasi interpersonal merupakan kemampuan individu
untuk menjalin hubungan sosial secara efektif, yang mencakup aspek keterbukaan,
empati, saling mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Siswa yang terisolir
adalah mereka yang mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan sosial,
cenderung menyendiri, dan kurang diterima oleh lingkungan sekitarnya. Kondisi ini
dapat berdampak negatif terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan
komunikasi interpersonal siswa yang terisolir di SMP Negeri 34 Pekanbaru.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group
Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian berjumlah 9 orang siswa dari kelas VIII
yang diidentifikasi sebagai siswa terisolir berdasarkan hasil sosiometri.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keterampilan
komunikasi interpersonal dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji
Wilcoxon dan uji N-Gain dengan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS versi
27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara skor pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 (p < 0,05).
Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan keterampilan
komunikasi interpersonal siswa pada kategori sedang hingga tinggi. Hal ini
membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama
efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa yang
terisolir.
Kata Kunci : Keterampilan komunikasi interpersonal, siswa terisolir, bimbingan
kelompok, teknik sosiodrama


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 2105125084
2105125084
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2105125084
Penerbit
Pekanbaru : Universitas Riau – FKIP – Bimbingan Konseling., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2105125084
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
BIMBINGAN KONSELING
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahmat
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?