CD Skripsi
pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa yang terisolir di sekolah
Keterampilan komunikasi interpersonal merupakan kemampuan individu
untuk menjalin hubungan sosial secara efektif, yang mencakup aspek keterbukaan,
empati, saling mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Siswa yang terisolir
adalah mereka yang mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan sosial,
cenderung menyendiri, dan kurang diterima oleh lingkungan sekitarnya. Kondisi ini
dapat berdampak negatif terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan
komunikasi interpersonal siswa yang terisolir di SMP Negeri 34 Pekanbaru.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group
Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian berjumlah 9 orang siswa dari kelas VIII
yang diidentifikasi sebagai siswa terisolir berdasarkan hasil sosiometri.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keterampilan
komunikasi interpersonal dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji
Wilcoxon dan uji N-Gain dengan bantuan program Microsoft Excel dan SPSS versi
27.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara skor pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 (p < 0,05).
Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan keterampilan
komunikasi interpersonal siswa pada kategori sedang hingga tinggi. Hal ini
membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama
efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa yang
terisolir.
Kata Kunci : Keterampilan komunikasi interpersonal, siswa terisolir, bimbingan
kelompok, teknik sosiodrama
Tidak tersedia versi lain