CD Skripsi
Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Konten Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Fase E
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan representasi matematis siswa dan kurangnya strategi guru dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Modul ajar yang dibuat oleh guru belum sesuai dengan kurikulum merdeka dan model pembelajaran yang digunakan belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Soal latihan yang digunakan juga masih berupa soal rutin yang tidak berkaitan dengan masalah kontekstual. Akibatnya, peserta didik hanya berfokus pada langkah penyelesaian yang dijelaskan oleh guru dan peserta didik tidak terbiasa menggunakan representasinya sendiri. Pengembangan modul ajar ini diharapkan dapat mendukung pembelajaran matematika yang dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa.
Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk berupa modul ajar berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa fase E pada konten sistem pertidaksamaan linear dua variabel yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Modul ajar ini disusun berdasarkan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif berupa pernyataan deskriptif dari masukan, tanggapan, kritik, dan komentar, data kuantitatif berupa angka yang memiliki nilai yang diperoleh dari lembar validasi dan lembar angket respon peserta didik dan guru.....
Tidak tersedia versi lain