CD Disertasi
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Mandau
Kata Kunci: Discovery Learning, Berfikir Kritis, Pendidikan Pancasila
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa akibat pemanfaatan teknologi yang kurang tepat serta kejenuhan dalam pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning diyakini dapat meningkatkan motivasi, rasa ingin tahu, serta kemampuan berpikir kritis siswa melalui kegiatan eksploratif yang terstruktur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) serta desain pretest-posttest sebanyak 20 soal control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen menggunakan discovery learning dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Mandau. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan total 58 siswa, yang terbagi ke dalam dua kelas. Instrumen yang digunakan meliputi LKPD dan observasi. Teknik analisis data mencakup statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, serta uji normalitas gain menggunakan SPSS versi 30.....
Tidak tersedia versi lain