CD Skripsi
tingkat kecemasan siswa kelas vii smpn 47 pekanbaru dalam mengikuti pembelajan pjok senam lantai guling belakang
Pebelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa kelas VII
SMPN 47 Pekanbaru dalam mengikuti pembelajaran PJOK khususnya materi
senam lantai gerakan guling belakang. Latar belakang penelitian ini didasarkan
pada kenyataan bahwa banyak siswa mengalami hambatan dalam pembelajaran
senam lantai karena adanya perasaan takut, malu, tidak percaya diri, hingga
munculnya kecemasan baik secara fisik maupun psikologis.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan instrument
utama berupa angket skala Likert dan didukung wawancara serta dokumentasi.
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII.1 SMPN 47 Pekanbaru yang
berjumlah 31 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kecemasan
pada kategori sedang (74,2%), kategori rendah (25,8%), dan tidak ada siswa
yang mengalami kecemasan pada kategori tinggi. Ditinjau dari factor penyebab,
factor psikologis (seperti takut gagal, kurang percaya diri, cemas) lebih dominan
dibandingkan factor fisiologis (seperti jantung berdebar atau tangan berkeringat).
Secara spesifik, 90,3% siswa mengalami kecemasan fisiologis dalam kategori
rendah, sedangkan 80,6% siswa mengalami kecemasan psikologis dalam
kategori sedang.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat kecemasan siswa dalam mengikuri
pembelaajaran PJOK senam lanati guling belakang masih dalam batas wajar,
namun tetap memerlukan perhatian, khususnya dalam mencipptakan pembelajaran
yang aman, menyenangkan dan mendukung secara emosional.
Tidak tersedia versi lain