Digilib Perpustakaan Universitas Riau

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of efektivitas pembelajaran berbasis proyek-stem untuk meningkatkan pemahaman konsep 
materi rangkaian listrik siswa smp
Penanda Bagikan

CD Skripsi

efektivitas pembelajaran berbasis proyek-stem untuk meningkatkan pemahaman konsep materi rangkaian listrik siswa smp

Asrinaldi 1805110634 - Nama Orang;

Pemahaman konsep siswa terhadap materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pada topik rangkaian listrik, masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh karakteristik materi yang bersifat abstrak serta metode pembelajaran konvensional yang cenderung menekankan pada hafalan daripada pemahaman mendalam. Selain itu, kurangnya pengalaman belajar yang kontekstual dan bermakna juga turut memengaruhi keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pendekatan pembelajaran yang mampu mendorong keterlibatan siswa secara aktif sekaligus mengembangkan pemahaman konsep yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran proyek-STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi rangkaian listrik di tingkat SMP. Melalui pendekatan ini, siswa diajak untuk menyelesaikan proyek nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konseptual.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam As-Shofa Pekanbaru pada tahun ajaran 2021/2022 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent post-test only control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX sebanyak 130 siswa. Dengan sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen IX.3 (25 siswa) yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan proyek-STEM dan kelas kontrol IX.4 (24 siswa) yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang disusun berdasarkan enam indikator pemahaman konsep, yaitu: interpreting, exemplifying, classifying, explaining, inferring, dan comparing.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh rata-rata nilai pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 62,00, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata sebesar 48,61. Namun, hasil analisis inferensial menggunakan uji-t menunjukkan bahwa perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik (t(47) = 1,900; p = 0,064) pada taraf signifikansi 0,05. Artinya, secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua
ii
kelompok. Meskipun demikian, secara praktis pembelajaran proyek-STEM menunjukkan potensi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dibandingkan metode konvensional.
Pembelajaran proyek-STEM cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa, meskipun secara statistik belum signifikan. Keterbatasan jumlah sampel dalam penelitian ini dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi hasil uji statistik. Oleh karena itu, disarankan agar pendekatan ini diuji lebih lanjut dengan jumlah sampel yang lebih besar dan diterapkan pada materi IPA lainnya. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung keterampilan abad ke-21.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Universitas Riau 1805110634
1805110634
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1805110634
Penerbit
Pekanbaru : UNRI – FKIP – Pendidikan Fisika., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1805110634
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PENDIDIKAN FISIKA
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rahmat
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • JUDUL
  • DAFTAR ISI
  • ABSTRAK
  • BAB I PENDAHULUAN
  • BAB II TINJAUAN PUSTAKA
  • BAB III METODE PENELITIAN
  • BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
  • BAB V PENUTUP
  • DAFTAR PUSTAKA
  • LAMPIRAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digilib Perpustakaan Universitas Riau
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?