CD Skripsi
Perbedaan Peran Jenis Etnis Melayu Dengan Etnis Nias di SDN Se-Gugus Kecamatan Langgam Tahun Pelajaran 2007/2008
JUDUL: PERBEDAAN PERAN JENIS ETNIS MELAYU DENGAN ETNIS NIAS DI SDN SE-GUGUS KECAMATAN LANGGAM. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui gambaran peran jenis etnis melayu di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam; 2) untuk mengetahui gambaran peran jenis etnis nias di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam; 3) untuk mengetahui perbedaan peran jenis etnis melayu dengan etnis nias di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam.. Yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah siswa etnis melayu dan etnis nias di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam yang berjumlah 79 siswa etnis melayu dan 46 siswa etnis nias.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa komparatif bivariat. Hasil penelitian ini antara lain: 1) Gambaran peran jenis etnis melayu di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam sebagian besar termasuk dalam kategori mendekati feminin. Dengan demikian beracuan dengan pendapat Santrock (2002: 366) bahwa siswa SDN se-Gugus Kecamatan Langgam tersebut memiliki karakteristik feminine yang tinggi (ekspresif) atau perasaan sensitive atau lemah lembut; 2) Gambaran peran jenis etnis nias di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam sebagian besar termasuk dalam kategori maskulin. Dengan demikian beracuan dengan pendapat Santrock (2002: 366) bahwa siswa SDN se-Gugus Kecamatan Langgam tersebut memiliki karakteristik maskulin yang tinggi (instrumental) atau bersikap tegas; 3) a) Terdapat perbedaan yang signifikan antara peran jenis etnis melayu dengan etnis nias pada aspek feminine di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam; b) Terdapat perbedaan yang signifikan antara peran jenis etnis melayu dengan etnis nias pada aspek maskulin di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam; c) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara peran jenis etnis melayu dengan etnis nias pada aspek tidak terdiferensiasi di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam. Rekomendasi yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah: 1) kepada guru agar dapat melakukan pendekatan dan pemahaman kepada siswa etnis melayu di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam ke arah yang lebih feminism atau lemah lembut. Hal ini sebagai modal dasar dalam memahami sikap siswa dalam menerima pengajaran di kelas; 2) kepada guru agar dapat melakukan pendekatan dan pemahaman kepada siswa etnis nias di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam kearah yang lebih maskulin (tegas). Hal ini sebagai modal dasar dalam memahami sikap siswa dalam menerima pengajaran di kelas; 3) kepada guru agar dapat melakukan pendekatan dan pemahaman kepada siswa etnis nias di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam kearah yang lebih maskulin (tegas). Hal ini sebagai modal dasar dalam memahami sikap siswa dalam menerima pengajaran di kelas; 4) kepada guru agar supaya melakukan pendekatan yang berbeda Sesuai dengan peran jenis kelaminnya antara siswa etnis melatyu dengan siswa etnis nias di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam; 5) Kepada peneliti selanmjutnya agar supaya melakukan penelitian tentang pengaruh peran jenis siswa terhadap prestasi belajar siswa di SDN se-Gugus Kecamatan Langgam..
Tidak tersedia versi lain