CD Skripsi
Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Yang Orang Tuanya Menetap di Rumah Dengan Orang Tua Tidak Menetap di Rumah SMP Negeri I Langgam Tahun Pelajaran 2007/2008
Judul penelitian ini adalah perbedaan prestasi belajar matematika yang orang tua nya menetap dirumah dengan orang tua tidak menetap diRumah SMP Negri 1 Langgam Tahun pelajaran 2007/2008.Adapun gejala yang nampak rendahnya kualitas pendidikan di Kecamatan Langgam disebabkan rendahnya keinginan orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya terutama di daerah tingkat keterjangkauan yang rendah /terpencil. Masih banyak anak usia SMP yang putus sekolah, rendahnya kemampuan ekonomi orang tua untuk membiayai pendidikan anaknya. Dalam kegiatan belajar matematika sering ditemukan kendala sehingga timbul kesulitan dalam belajar matematika terkait dengan aspek motivasi, minat, sikap, kebiasaan belajar dan pola pendidikan belajar yang ditemukan dalam keluarga. Rumusan masalah dari penelitian adalah bagaimana gambaran prestasi belajar matematika yang orang tuanya menetap di rumah dengan orang tua tidak menetap di rumah, serta adakah perbedaan antara prestasi belajar matematika yang orang tua menetap di rumah dengan orang tua tidak menetap di rumah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi belajar matematika yang orang tua menetap di rumah dengan prestasi belajar matematika yang orang tua tidak menetap dirumah. Manfaat penelitian sebagai masukan bagi guru agar dapat memahami kehidupan orang tua siswa juga masukan bagi konselor untuk memberikan bantuan kepada siswa yang tidak berprestasi di mata pelajaran matematika yang orang tua menetap di rumah maupun tidak menetap di rumah dan masukan bagi siswa agar memahami kehidupan orang tua masing-masing (tahu diri/sadar). Adapun populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas II SMP Negeri 1 Langgam tahun pelajaran 2007/2008 sampel yang digunakan sampel jenuh. Di mana semua anggota populasi dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Alat untuk pengumpulan data adalah data-data orang tua siswa yang orang tua menetap di rumah dengan orang tua yang tidak menetap dirumah dan alat dokumentasi rapor. Teknik analisa data menggunakan rumusan uji t. Hipotesis pada penelitian adanya terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika yang orang tua menetap di rumah dengan orang tua tidak menetap di rumah.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa orang tua yang menetap di rumah memberi andil terhadap kelangsungan belajar anak di rumah dengan terbuktinya adanya kategori baik sekali dan nilai kategori kurang 15,68%. Sedangkan orang tua yang tidak menetap di rumah tidak ada kategori baik sekali, kategori baik hanya 12,9% dan kategori kurang 22,58%. Rekomendasi ditujukan kepada sekolah agar dapat bekerjasama antara sekolah dengan orang tua agar memotivasi anak dalam belajar di sekolah maupun di rumah. Antara sekolah dengan orang tua harus seiring sejalan agar anak berhasil dalam belajar, khususnya guru pembimbing di sekolah agar lebih memperhatikan kehidupan orang tua di sekolah. Bagi siswa yang berprestasi disalurkan minat dan bakatnya, dan siswa yang belum berprestasi agar. lebih memperhatikannya yang tidak mengurangi perannya dalam melayani siswa yang berprestasi
Tidak tersedia versi lain