CD Skripsi
Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Berasal Dari TK Dan Non TK Di Kelas Rendah SDN 001 Langgam
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG BERASAL DARI TK DAN NON TK DI KELAS RENDAH SDN 001 LANGGAM (R O B I N A, NIM: 0605161931). Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa yang berasal dari TK di kelas rendah SDN 001 Langgam; 2)Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa yang berasal dari non TK di kelas rendah SDN 001 Langgam; 3)Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang berasal dari TK dan Non TK di kelas rendah SDN 001 Langgam. Untuk mengoperasionalkan penelitian ini maka maka digunakan metode deskriptif dengan pendekatan komparatif. Data yang dianalisis adalah nilai murni siswa yang berasal TK dan siswa non TK pada hasil ujian formatif dan sumatif pada Semester I Tahun Pelajaran 2007/2008. Dengan teknik klasifikasi konversi nilai maka diperoleh tingkat prestasi belajar siswa yang berasal dari TK berada pada kategori baik (B) yaitu sebanyak 20 orang siswa (43.48 %), kemudian disusul oleh prestasi belajar siswa yang berada pada kategori cukup (C) yaitu sebanyak 17 orang siswa (36.95 %), dan kemudian tingkat prestasi belajar siswa yang berada pada tingkat baik sekali (A), yaitu sebanyak 7 orang siswa (15.22 %), lalu disusul oleh tingkat prestasi belajar siswa yang berada pada kategori kurang (K) sebanyak 2 orang siswa (4.35 %). Dan, urutan tingkat prestasi belajar yang terakhir adalah prestasi belajar siswa pada kategori gagal (E) yaitu tidak terdapat siswa yang menempati kategori gagal (0 %). Selanjutnya tingkat prestasi belajar siswa non TK berada pada kategori baik (B) dan cukup (C) yaitu masing-masing sebanyak 25 orang siswa (32.05 %), kemudian disusul oleh prestasi belajar siswa yang berada pada kategori kurang (K) yaitu sebanyak 21 orang siswa (26.92 %), dan kemudian tingkat prestasi belajar siswa yang berada pada tingkat baik sekali (A), yaitu sebanyak 5 orang siswa (6.41 %). Dan, urutan tingkat prestasi belajar yang terakhir adalah prestasi belajar siswa pada kategori gagal (E) yaitu sebanyak 2 orang siswa (2.56 %). Dengan pendekatan komparatif dengan t student diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berasal dari TK dan non TK di kelas rendah SDN 001 Langgam. Dimana prestasi belajar siswa yang berasal dari TK jauh lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang berasal dari non TK di kelas rendah SDN 001 Langgam. Dengan temuan penelitian ini maka diharapkan 1) Bagi guru agar lebih memperhatikan siswa dan memberikan bimbingan belajar, les dan kerjasama dengan orang tua siswa yang berasal dari non TK karena memiliki prestasi belajar yang lebih rendah dibandingkan siswa yang berasal dari TK; 4) Bagi guru agar supaya lebih memberikan suasana yang kondusif bagi siswa yang berasal dari TK agar siswa dapat mempertahankan prestasi belajarnya atau dapat meningkatkan prestasi belajarnbya; 5.Bagi orang tua siswa yang berasal dari non TK agar dapat memberikan bimbingan belajar kepada anaknya di lingkungan rumah agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya; 6.Bagi orang tua siswa yang berasal dari TK agar dapat memberikan bimbingan kepada anaknya di lingkungan rumah agar dapat lebih mempertahankan prestasi belajarnya di sekolah. Bagi konselor atau guru BK agar dapat memberikan layanan bimbingan kepada siswa yang berasal dari TK maupun non TK agar dapat memperbaiki prestasi belajarnya secara bersama-sama melalui remedial teaching.
Tidak tersedia versi lain