CD Skripsi
Penerapan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Profesional Guru SDN 033 Pekaitan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir
ABSTRAK H.Nazaruddin, 2009 “Penerapan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Profesional Guru SDN.033 Pekaitan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir T.P. 2008/2009. Skripsi, Program Studi PKn Jurusan P. IPS Universitas Riau. Pembimbing I Dra. Hj. Musnelly Eva, dan Pembimbing II Sri Erlinda, S.IP, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah Penerapan Supervisi Klinis Dapat Meningkatkan Profesional Guru SDN.033 Pekaitan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profesional guru melalui penerapan supervisi klinis di SDN 033 Pekaitan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru SDN 033 Pekaitan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, berjumlah 8 orang, terdiri dari 5 orang guru laki-laki dan 3 orang guru perempuan. Variabel yang diukur adalah penerapan supervisi klinis dan profesional guru diperoleh melalui lembaran observasi aktivitas Kepala Sekolah, aktivitas guru, dan profesional guru. Ini senada dengan pernyataan supervisi klinis adalah suatu proses bimbingan yang bertujuan untuk meningkatkan profesional guru/calon guru, khususnya dalam penampilan mengajar. Hal ini akan meningkatkan profesional guru dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas Kepala Sekolah pada siklus I adalah 35 dengan kategori sempurna, pada siklus II meningkat menjadi 40 dengan kategori sangat sempurna, untuk aktivitas guru pada siklus I adalah 58,9 % dengan kategori tinggi, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,6 % dengan kategori sangat tinggi, dan mengenai profesional guru pada siklus I adalah 53,6 % dengan kategori tinggi, dan pada siklus II meningkat menjadi 66,1 % dengan kategori tinggi. Meningkatnya profesional guru pada siklus II dibanding siklus I menunjukkan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Hal ini disebabkan penelitian yang dilakukan mulai dari pra pengamatan, pengamatan, pasca pengamatan, membentuk kerangka acuan bersama mengamati perilaku guru, mengamati perilaku siswa, mengamati interaksi pelajar mengajar yang berlangsung, dan mendiskusikan informasi yang telah direkam dari guru dilakukan oleh Kepala Sekolah sangat sempurna, sehingga aktivitas yang dilakukan oleh Kepala Sekolah dapat meningkatkan profesional guru SDN 033 Pekaitan Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir tahun pelajaran 2008/2009 Kata Kunci : Supervisi Klinis, Profesional Guru
Tidak tersedia versi lain