CD Skripsi
Penerapan Pembelajaran Kooperatif MAKE A MATCH Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Struktur Atom Sistem Periodik Unsur Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kubu kabupaten Rokan Hilir
Berdasarkan informasi dari guru kimia di SMA Negeri I Kubu Kabupaten Rokan Hilir diketahui bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur. Karena selama ini, metode yang digunakan berpusat kepada guru yaitu metode ceramah dan latihan. Hal ini mempengaruhi prestasi belajar siswa, untuk itu dilakukan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif make a match untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI SMA Negeri I Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA.2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA.3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes. Data yang dikumpulkan diperoleh dari data uji homogenitas yang diambil dari nilai tes uji homogenitas siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur kelas X dan data uji hipotesis diambil dari selisih nilai post-test dan pre-test. Data di analisa dengan uji-t yang digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan prestasi siswa pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur yaitu sebesar 20,4 %.
Tidak tersedia versi lain