CD Skripsi
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIIIa SMP Rusqah Islamiyah Pekanbaru
Berdasarkan pengalaman kegiatan pembelajaran IPS Ekonomi di kelas VIIIA
SMP Rusqah Islamiyah Pekanbaru, selama ini dilaksanakan cenderung hanya
menggunakan metode ceramah. Dengan metode ini aktivitas siswa dalam proses
belajar mengajar sangat kurang karena lebih banyak mendengarkan penjelasan guru.
Kesulitan lain yang juga dihadapi siswa adalah siswa mempunyai kemampuan daya
pikir yang rendah, malas membaca buku, malu bertanya dan menerima apa yang
dijelaskan oleh guru tanpa ada timbal baliknya. Sehingga hasil belajar siswa menjadi
rendah.
Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa, dilakukan model
pembelajaran kooperatif tipe numbered heads, karena metode ini dapat menciptakan
kondisi belajar yang baik dan kondusif bagi siswa untuk bersikap partisipatif dan
aktif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe numbered heads dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran IPS Ekonomi kelas VIIIA SMP Rusqah Islamiyah Pekanbaru.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Rusqah Islamiyah
Pekanbaru. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran
2009/2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Rusqah Islamiyah yang
berjumlah 32 orang yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa
perempuan. Variabel yang diukur adalah hasil belajar siswa yang terdiri dari daya
serap siswa dan ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal yang diperoleh
melalui ulangan harian, kemudian aktivitas guru dan siswa selama proses
pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan dengan rata-rata daya serap siswa pada siklus I adalah 80,00 (sangat
baik) dan pada siklus II adalah 86,72 (sangat baik), ketuntasan klasikal pada ulangan
harian siklus I mencapai 90,625% (tuntas) dan pada siklus II adalah 93,75% (tuntas).
Rata-rata aktivitas guru selama proses pembelajaran pada siklus I adalah 68,75%
(baik) dan pada siklus II adalah 90,635% (sangat baik), kemudian rata-rata untuk
aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,725% (aktif) dan pada siklus II adalah 87,6%
(sangat aktif). Berdasarkan hasil penelitian bahwa nodel pembelajaran kooperatif tipe
numbered heads dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Rusqah Islamiyah
Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain