CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di Kelas V SD Negeri 002 Punti Kayu
Kata kunci: Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran IPA SD, Hasil Belajar Siswa.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang untuk meningkatkan hasil
belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada
siswa kelas V SD Negeri 002 Punti Kayu. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal
8 Maret sampai dengan 30 April 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD
sebanyak 14 orang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian adalah lembar
observasi, lembar tes hasil belajar, dan dukumentasi.Dari hasil penelitian ini
diperoleh daya serap siswa pada siklus I yang mendapat nilai 50-59 sebanyak 3
orang, yang mendapat nilai 60-69 sebanyak 3 orang,dan yang mendapat nilai 70-79
sebanyak 8 orang, di siklus I ini tidak ada yang mendapat nilai 80-100. Pada siklus
II daya serap siswa yang mendapat nilai 50-59 tidak ada, yang mendapat nilai 60-69
sebanyak 2 orang, yang mendapat nilai 70-79 sebanyak 2 orang, dan yang mendapat
nilai 80-100 sebanyak 10 orang. Ketuntasan belajar individu pada siklus I ada 8
orang yang tuntas, 6 orang yang tidak tuntas, dan ketuntasan klasikal 57,14,%.
Ketuntasan belajar individu pada siklus II ada 12 orang yang tuntas, 2 orang yang
tidak tuntas, dan ketuntasan klasikal 85,5% . Rata-rata aktivitas siswa pada
pertemuan 1 adalah 58,33% dan 2 adalah 63,69% sedangkan pada pertemuan 3
adalah 68,15% dan 4 adlah 74,70% untuk siklus I dan II. Rata-rata aktivitas guru
pada pertemuan 1 adalah 75% dan 2 adalah 83,33% pertemuan 3 adalah 91,66% dan
4 adalah 97,22% untuk siklus I dan II. Ketuntasan klasikal pada skor dasar adalah
55,%, pada siklus I adalah 57,14%, sedangkan pada siklus II adalah 85,5%. Dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 002 Punti
Kayu tahun pelajaran 2010-2011.
Tidak tersedia versi lain