CD Skripsi
Keterampilan Psikomotor Sains Fisika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Sfae Pada Siswa Kelas VIII.5 SMP N 29 Pekanbaru
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan psikomotor siswa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan teknik Student
Facilitator And Explaining (SFAE) pada materi pokok cahaya. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP N 29 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2010/2011
yang berjumlah 12 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah soal tes keterampilan
psikomotor. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan pada akhir proses
pembelajaran dengan mengadakan tes keterampilan psikomotor. Data dianalisis
menggunakan teknik analisa deskriptif untuk mendapatkan daya serap, efektivitas
pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan ketuntasan tujuan pembelajaran. Hasil
analisa data menunjukkan: daya serap rata-rata siswa adalah 91,1% dengan
kategori amat baik, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 75% dengan
kategori tidak tuntas dan ketuntasan materi pembelajaran secara klasikal adalah
80% dengan kategori tidak tuntas.
Kata kunci: Hasil Belajar Psikomotor, Model Kooperatif, Student Facilitator And
Explaining
Tidak tersedia versi lain