CD Skripsi
Penggunaan Metode Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 002 Bagan Kota Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir
Hasil belajar rendah , Kendala dalam proses pembelajaran IPS
terindentifikasi sebagai berikut: (1) siswa kurang aktif dalam mengikuti proses
pembelajaran, (2) hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS masih rendah.
pembelajaran IPS di SD Negeri 002 Bagan Kota Kecamatan Bangko Kabupaten
Rokan Hilir, guru masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang
merangsang siswa untuk belajar lebih giat, dan proses pembelajaran masih
menekankan pada aspek pengetahuan saja belum menyentuh kepada sikap dan
keterampilan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode
Everyone is A Teacher Here dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa
kelas IV SDN 002 Bagan Kota Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.
Penelitian ini dilakukan dikelas IV dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari
11 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2
siklus dan setiap siklus dilakukan dengan 1 kali pertemuan. Variabel penelitiannya
meliputi aktivitas guru dalam penggunaan Metode Everyone is A Teacher Here,
aktivitas belajar siswa dalam penggunaan Metode Everyone is A Teacher Here
dan prestasi belajar siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan
lembar observasi yang dilakukan oleh satu observer. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan penggunaan Metode Everyone is A Teacher Here
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hal tersebut ditunjukkan pada aktivitas
guru pada siklus I dengan rata-rata 74,28 dengan klasifikasi sempurna dan pada
siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata 91,24 dengan klasifikasi sangat
sempurna. Dengan peningkatan aktivitas guru dalam penggunaan Metode
Everyone is A Teacher Here memberikan efek baik bagi aktivitas siswa dimana
pada siklus I dengan rata-rata 57,71 dengan klasifikasi tinggi dan pada siklus II
meningkat dengan rata-rata 71,99 dengan klasifikasi sangat tinggi. Sedangkan
untuk prestasi belajar siswa yang diukur melalui postes dan ulangan harian, juga
terjadi perbedaan yang mencolok yaitu pada siklus I dengan rata-rata postes 59,2
dan ulangan harian 60,2 dengan klasifikasi kurang meningkat disiklus II dengan
rata-rata 75 untuk postes dan 75,2 untuk ulangan harian dengan klasifikasi baik.
Dengan KKM yang ditetapkan diSDN 001 Sinaboi yaitu 70 hal tersebut sudah
dianggap berhasil. Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan
Metode Everyone is A Teacher Here dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain