CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 032 Tampan Pekanbaru
Kata kunci : Model inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA.
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya ketuntasan hasil
belajar siswa yang hanya mencapai 44,19% atau sebanyak 19 orang siswa yang
mencapai KKM 66 dari 43 orang siswa, guru dalam menyajikan pelajaran hanya
menggunakan model pembelajaran yang monoton sehingga siswa jenuh dalam
mengikuti pelajaran. Dari permasalahan tersebut maka peneliti ingin menawarkan
alternatife Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 032 Tampan
Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V
SD Negeri 032 Tampan Pekanbaru melalui penerapan model inkuiri terbimbing.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 032 Tampan
Pekanbaru tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 43 orang.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan
dengan satu kali ulangan harian dan siklus II juga dilaksanakan dua kali
pertemuan dengan satu kali ulangan harian. Instrumen pengumpulan data pada
penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas
guru dan tes ulangan harian. Rata-rata tingkat kemampuan siswa sebelum
tindakan dikategorikan rendah dengan presentase ketercapaian KKM 55,81%.
Pada ulangan harian siklus I presentase ketercapaian KKM 76,74%, sedangkan
pada ulangan harian siklus II prsentase ketercapaian KKM 93,02%. Instrumen
pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas
siswa selama proses pembelajaran berlangsung di kelas V SDN 032 Tampan
Pekanbaru, rata-rata aktivitas guru pada siklus I 74,95% dan siklus II 92,85 %
selanjutnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPA dengan tindakan pada
siklus I 58,35 % dan siklus II 81,25% dengan kategori baik. Dari penjelasan diatas
menunjukkan bahwa melalui Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing
dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 032 Tampan
Pekanbaru.
Tidak tersedia versi lain