CD Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integreten Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Ii Sdn 008 Bukit Kayu Kapur
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SDN 008 Bukit Kayu Kapur kota Dumai dan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 Maret 2012 sampai dengan 01 April 2012 yang dilaksakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjulah 25 siswa yang dijadikan sumber data. Instrument pengumpulan data pada skripsi ini adalah lembar pengamatan guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum yaitu 44,80 dari 25 siswa yang tuntas hanya 5 siswa dengan ketuntasan klasikal 20% . dan siswa yang tidak tuntas 20 siswa dengan ketuntasan klasikal 80%. Padas kripsi ini disajikan persentase aktivitas Guru dan aktivitas Siswa serta hasil ulangan siklus I dan II. Persentase aktivitas guru pada siklus I dan II adalah 75,00% menjadi 85,71%. Persentase aktivitas siswa pada siklus I dan II adalah 75,00% menjadi 89,26%. rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 49,68 dari 25 siswa, yang tuntas 7 siswa dengan persentase 28%, dan siswa yang tidak tuntas 18 siswa dengan persentase 72%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 60,48 dari 25 siswa, yang tuntas 23 siswa dengan persentase 92%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini yaitu Jika diterapkan model pembelajaran Cooperative integrated reading and composition (CIRC), maka dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas II SD Negeri 008 Bukit Kayu Kaput Kota Dumai. Diterima
Tidak tersedia versi lain