CD Skripsi
Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Pelajaran Fisika Materi Pokok Cahaya Dikelas X SMA Negeri 2 Teluk Kuantan
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada pelajaran
fisika materi pokok cahaya dikelas X SMAN 2 Teluk Kuantan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif metode survei. Miskonsepsi siswa pada materi pokok
cahaya yang diteliti terdiri dari 6 indikator yaitu karakteristik cahaya, pemantulan
pada cermin datar, pemantulan pada cermin cekung, pemantulan pada cermin
cembung, pembiasan pada lensa cekung dan pembiasan pada lensa cembung.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes miskonsepsi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil
analisis deskriptif diperoleh bahwa pada umumnya siswa mengalami miskonsepsi
pada materi pokok cahaya. Hal ini dapat dilihat pada karakteristik cahaya rata-rata
siswa miskonsepsi sebesar 59%, pemantulan pada cermin datar rata-rata siswa
miskonsepsi sebesar 85%, pemantulan pada cermin cekung rata-rata siswa
miskonsepsi sebesar 98%, pemantulan pada cermin cembung rata-rata siswa
miskonsepsi sebesar 97%, pembiasan pada lensa cekung rata-rata siswa
miskonsepsi sebesar 95% sedangkan pembiasan pada lensa cembung rata-rata
siswa miskonsepsi sebesar 100%. Secara keseluruhan miskonsepsi yang terjadi
pada materi pokok cahaya sebesar 89%.
Kata kunci : Miskonsepsi, Materi Pokok Cahaya
Tidak tersedia versi lain