CD Skripsi
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Metode Koperatif Tipe STAD Kelas VIII A SMP Negri I Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Tahun Pelajaran 2010 /2011
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Metode Koperatif Tipe STAD. Dari penemuan dan pengalaman peniliti sebelum melakukan PTK di kelas VIII A SMP Negeri 1 Pangkalan Kuras hasil belajar IPS masih rendah, yang mana di temukann 53% dari 38 siswa atau 20 siswa yang dibawah standar ketuntasan minimal yang diharapkan yaitu KKM 70. Hal ini di ketahui dari data awal hasil belajar siswa rata-rata nilai ulangan harian adalah 66. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalaui penerapan Metode Koperatif Tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Mei sampai dengan 6 Juni 2011. Subjek penelitian ini adlah Siswa kelas VIII A SMP Negeri I Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan dengan jumlah Siswa 38 Orang, terdiri dari 12 orang Laki-laki dan 26 orang perempuan. Variabel Penelitian yang diukur dengan menggunakan lembar observasi, daya serap dan hasil belajar yang diukur dengan test tertulis. Hasil penelitian siklus I menunjukkan aktivitas Guru kategori Baik dengan skor 14.5 ( 60,4 % ), skor maksimum yang diharapkan 24. Aktivitas Siswa pada siklus I kategori Baik 139 ( 60,9 % ), skor maksimal yang diharapkan 228. Untuk daya serap dari 57,36 % meningkat menjadi 64,47 %, sedangkan ketuntasan belajar Siswa siklus I mencapai 73,68 %. Pada siklius II aktivitas Guru kategori sangat Sangat Baik dengan skor 21,0 ( 87,05 % ), aktivitas Siswa kategori Sangat Baik dengan skor 198,5 ( 87,1 % ), dan untuk daya serap dari 71,57 % meningkat menjadi 82,36 %. Sedangkan ketuntasan belajar Siswa mencapai 92,10 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Koperative Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII A SMPN I Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan.
Tidak tersedia versi lain